Lakukan Pengawasan, Sultra Demo Bentuk Relawan TPS – Berita Kota Kendari
Suksesi

Lakukan Pengawasan, Sultra Demo Bentuk Relawan TPS

Sultra Demo Saat Menyerahkan Kelengkapan Identitas Kepada Relawan Pemantau TPS. (foto: Rudy/BKK)

KENDARI, BKK – Dalam melakukan pengawasan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) yang terhitung tinggal dua hari lagi, Sulawesi Tenggara Demokrasi Monitoring (Sultra Demo) bentuk relawan untuk memantau jalannya proses perhitungan suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Kendari di 15 Februari mendatang.

Ketua Pemantau Sultra Demo Arafat mengatakan, pihaknya telah melakukan perekrutan relawan sebanyak 520 untuk mengawasi jalannya proses perhitungan suara . Jumlah tersebut berdasarkan jumlah TPS yang ada dalam Pilwali Kendari.

“Kami telah merekrut 520 pengawas TPS yang merupakan bagian dari partisipasi masyarakat yang peduli terhadap pelaksanaan demokrasi di Kota Kendari. Tugas relawan akan melakukan pengawasan di masing-masing TPS saat perhitungan suara nantinya. Namun, mereka hanya bisa mendengar, melihat dan menulis semua peristiwa yang terjadi di TPS tempat melakukan pemantauan,” katanya saat ditemui, Minggu (12/2).

Ia menjelaskan, sebelumnya pihaknya telah melakukan pelatihan kepada seluruh relawan agar dalam pengawasannya tidak ada kendala dan permasalahan yang dihadapi. Namun, sambungnya, pengawas yang telah dibentuk tersebut hanya berada di luar TPS dan mencatat seluruh kejadian baik itu kecurangan ataupun kejadian lainnya.

“Kami juga bekali mereka dengan surat keterangan (SK), kartu identitas (id card), dan panduan tata cara pengisian hasil pemungutan suara nantinya. Mereka juga mempunyai tugas tambahan yang diperintahkan yakni melakukan pengiriman sms realcount kepada cal centre Sultra Demo. Tetapi realcount tersebut tidak akan dipublikasikan melainkan hanya akan dijadikan sebagai konsumsi internal saja,” jelasnya.

Menurutnya, setiap relawan yang direkrut hanya bagian terkecil dari masyarakat Kota kendari yang peduli akan suksesnya demokrasi dalam hal ini Pilwali Kota Kendari untuk melakukan pemantauan dan peristiwa apa yang terjadi dalam pemungutan suara dimasing-masing TPS.

Sementara itu Koordinator Pemantau Sultra Demo, Kisman M Talib mengungkapkan, setiap relawan pemantau yang ditugaskan masing-masing keluruhan se-Kota Kendari akan melakukan pengawasn dan meninjau setiap kejadian yang terjadi. Hari ini juga (kemarin, red), kata dia, pihaknya telah memberikan bimbingan teknis mengenai tugas-tugas para relawan tersebut.

“Teman-teman yang bertugas di masing-masing TPS akan mengembalikan apa yang telah dicatat dalam setiap pemantauannya, karena pemantauannya itu bukan hanya dilakukan sebatas sms saja namun juga dilakukan dalam bentuk tulisan,” pungkasnya. (m2/nur)

To Top