Dibantu Anggota DPRD, 8 Warga Miskin di Kendari Bisa Nikmati Listrik – Berita Kota Kendari
Beranda

Dibantu Anggota DPRD, 8 Warga Miskin di Kendari Bisa Nikmati Listrik

Ketika pihak PLN melakukan pemasangan meteran listrik di salah satu rumah warga di Kelurahan Mangga Dua Kecamatan Kendari (Rull/BKK)

KENDARI, BKK- Setelah sekian lama menunggu, akhirnya delapan rumah warga miskin yang terdiri dari lima rumah di Kelurahan Kampung Salo dan tiga rumah di Kelurahan Mangga Dua, Kecamatan Kendari, bisa menikmati listrik sendiri.

Meteran listrik di delapan rumah warga ini telah tuntas dipasang dan tinggal menunggu pengambilan nomor token agar listriknya bisa dinyalakan.

Rusli salah satu warga Kelurahan Mangga Dua yang ditemui usai pemasangan listrik di rumahnya, Minggu (12/2), mengaku senang sudah bisa menikmati listrik di kediamannya sendiri. Ia pun berterima kasih atas upaya dan bantuan anggota DPRD Kota Kendari tersebut.

“Saya sangat berterima kasih terhadap La Ode Azhar, sebab kalau bukan karena programnya, saya mungkin tidak bisa mendapatkan penerangan listrik sendiri,” terang Rusli.

Program ini, lanjut dia, memang telah lama dicanangkan La Ode Azhar, tetapi baru bisa diaplikasikannya sebab ada beberapa tahapan yang mesti dilalui untuk bisa mendapatkan layanan pemasangan listrik dari pihak PLN.

“Sebelum ada wacana-wacana Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Kendari, La Ode Azhar sudah janji kita untuk bantu mendapatkan listrik dan itu kini dibuktikannya,” beber Rusli.

Ditemui di lokasi yang sama, La Ode Azhar juga mengatakan, program listrik gratis bagi warga miskin memang telah lama dicanangkannya dan itu kini dibuktikannya. Meski baru delapan rumah yang dinyalakan, tetapi itu awal untuk puluhan rumah lainnya.

“Ini sudah lama saya janjikan kepada warga di sini ketika saya mencalonkan diri dulu di pilcaleg. Alhamdulilah janji itu bisa saya tepati meski untuk sementara baru sebagian yang menyala,” tuturnya.

Ia menjelaskan, setelah delapan rumah warga ini terpasang meteran listrik, maka akan menyusul 10 rumah lagi yang saat ini masih menunggu hasil survei pihak PLN Area Kendari tentang kelayakannya.

“Program ini tidak akan putus sampai semua warga yang telah saya pasangi instalasi listrik bisa dinyalakan lampunya.

Saya juga berharap, program seperti ini bisa diikuti anggota DPRD Kota Kendari yang lain, biar bukan listrik yang penting ada bukti nyata jika masyarakat itu terbantukan,” tukasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait adanya tambahan baru penggunaan listrik apakah berpengaruh dengan ketersediaan daya untuk Kota Kendari, Menejer PLN Area Kendari Abdul Maula menjelaskan, hal itu sama sekali tidak berpengaruh.

“Jumlah daya listrik kita di Kota Kendari itu mencapai 80 MW, dari jumlah ini sama sekali tidak berpengaruh terhadap penambahan pengguna listrik untuk rumah warga. Bisa berpengaruh kecuali untuk industri karena daya yang digunakan besar,” paparnya.

Masyarakat juga, lanjutnya, tidak perlu khawatir terkait ketersediaan daya karena di 2017 ini akan ada tambahan daya yang masuk di PLN.

“Kita sudah program untuk penambahan daya sejak 2016 lalu dan itu akan masuk di 2017 ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, delapan warga yang kini telah mendapatkan pelayanan pemasangan listrik gratis yakni Sutamis, Ahmad Yani, Ikapu, Wa Ode Fitriani, La Ode Hairun, Marwia, Rusli dan Aco Tawang.(cr5/nur)

To Top