Hari Ini Workshop Paud se-Konsel – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Hari Ini Workshop Paud se-Konsel

Ridwan Deluma SPd MPd

KENDARI, BKK- Forum Komunikasi Pendidikan Anak Usia Dini (FKPAUD) akan menyelenggarakan worshop Dapodik Sistematika Pembuatan Proposal/Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) dan perpajakan Bantuan Oprerasional Pendidikan (BOP) PAUD se-Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) di D’Blitz Hotel Kendari pada hari ini, Sabtu (11/2)

Wakil Ketua Penyelenggara Workshop, Ridwan Deluma SPd MPd menjelaskan, workshop yang diselenggarakan ini merupakan tindak lanjut peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) untuk melakukan pembinaan terhadap para Kepala Sekolah PAUD terkait penyeragaman dalam pengelolaan BOP.

“Kerena ini adalah kegiatan dari Kemedikbud, sehingga sumber anggarannya itu berasal dari APBN,” ujar dosen PAUD Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK) ini saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (09/02).

Disebutnya, dalam penyelenggaraan workshop tersebut terbagi dalam tiga jenis kegiatan yang terdiri workshop Dapodik Taman Kanak-Kanak (TK), pelatihan pembuatan proposal dan LPJ, serta bagaimana sinkronisasi antara LPJ dengan perpajakan.

“Pelatihan ini dibuat untuk menyeragamkan satu konsep bagaimana dapodik itu sinkron dengan penggunaan data yang ada di Taman Kanak-Kanak (TK), kemudian bagaimana pembuatan proposal dan LPJ BOP, serta bagaimana dalam pelaksanaan LPJ itu sesuai dengan perpajakan,” jelas Ridwan.

Pembina Penyelenggara Taman Kanak-kanak Islam Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ini juga mengungkapkan, materi dalam workshop tersebut rencanaya akan dibawakan oleh beberapa instansi terkait, seperti dari Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konsel, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Konsel, serta Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari.

“Jadi pemateri yang akan hadir itu akan membawakan materi sesuai dengan instansinya masing-masing,” ungkapnya.

Ridwan menyebutkan, pelaksanaan workshop akan diikuti oleh seluruh Kepala Sekolah PAUD se-Konsel, dimana total TK yang ada di Konsel saat ini berjumlah 175.

Ia menambahkan, beberapa waktu ke depan pihaknya berencana mengusulkan 100 sampai 150 lembaga PAUD untuk memperoleh akreditasi, sehingga pada kegiatan workshop tersebut juga akan diselenggarakan sosialisasi akreditasi lembaga PAUD.

“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik serta peserta dapat mengambil pelajaran yang berguna dari workshop ini, kemudian apa yang kita harapkan dari kegiatan ini bisa terwujud,” tutupnya.(p11/nur)

To Top