Lingkar Sultra

2017, Dinas PK Konsel Buat Sekolah Model

Plt Kadis PK, DR Busnawir MSi

Andoolo, BKK – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan(PK) Konawe Selatan (Konsel) DR Busnawir MSi menjelaskan, pihak berencana  membuat sekolah model di beberapa Sekolah Dasar (SD) pada tahun 2017 ini. Hal itu dilakukan agar sekolah yang di Konsel tidak perlu lagi belajar dari sekolah lain di luar daerah Konsel.

“Tujuan dari ditetapkan sekolah model supaya nanti segala kegiatan peningkatan kualitas pendidikan kita pusatkan di sana. Kalau di sana sudah terbentuk bagus nanti yang lain datang belajar di sana dan juga supaya jangan lagi pergi belajar di tempat lain,” jelasnya Busnawir kepada jurnalis Berita Kota Kendari di ruang kerjanya Jum’at, (10/2).

Busnawir mengatakan untuk menjadikan sebuah sekolah untuk dijadikan sekolah model terlebih dahulu harus sudah menjadi sekolah unggulan, dimana, sekolah unggulanan adalah sekolah yang memang seluruh komponen yang ada di dalamnya itu memiliki standar kompetensi yang memadai.

“Misalkan rata rata hasil belajar siswanya itu sudah diatas nilai standar, gurunya memiliki hasil ujian kompetensi guru diatas standar. Untuk menjadikan sekolah model, lingkungan sekolah harus sangat kondusif atau cukup mendukung yang biasanya sering disebut sekolah berbasis lingkungan,” jelasnya

Selain itu, kata busnawir, juga tidak melupakan kemampuan kepala sekolah untuk memenej baik guru maupun siswanya.

“Nantinya sebuah pendidikan adalah terciptanya proses belajar mengajar yang kondusif sehingga prestasi belajar itu berada diatas standar,” terangnya

Sementara ini, kata busnawir, ada beberapa sekolah yang sudah dilirik untuk diberikan SK untuk dijadikan sekolah model diantaranya SDN 2 Laeya, SDN 6 Tinanggea, SDN 1 Ranomeeto,  akan tetapi masi menunggu hasil evaluasi yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan.

“Nanti kita sudah evaluasi dan memenuhi standar baru bisa kita tetapkan sekolah model,” terangnya.

Ditambahnya, saat ini ada tiga SMPN yang telah menjadi sekolah model diantaranya SMPN 3 Tinanggea, dan SMPN Moramo.(cr13/lex)

To Top