USAID Kerja Sama dengan UHO Bikin Bio Reef Tech – Berita Kota Kendari
Beranda

USAID Kerja Sama dengan UHO Bikin Bio Reef Tech

La Ode Abd Rajab Nadia. (Foto Madin)

KENDARI, BKK- Kerja sama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Halu Oleo (LPPM UHO) dengan USAID menginisiasi peningkatan ketangguhan masyarakat pesisir melalui instalasi teknologi bio reef berbasis masyarakat.

USAID Adaptasi Perubahan Iklim dan Ketangguhan (APIK) merupakan Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), membantu Indonesia mengelola risiko bencana dan iklim.

Direktur Program USAID APIK Paul Jeffery mengatakan, pihaknya ingin program ini bisa benar-benar memberikan dampak nyata kepada masyarakat.

“Dan, melibatkan berbagai pihak, sehingga ada rasa kepemilikan program. Kami juga bekerja sama dengan  akademisi dari universitas, organisasi nonpemerintah, lembaga swadaya masyarakat,” urainya.

Sementara, Manajer Program LPPM UHO La Ode Abd Rajab Nadia menjelaskan, teknologi ini lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan transplantasi karang.

Selain itu, papar dia, perkembangannya juga lebih cepat. Dalam satu bulan sudah bisa dilihat bakal terumbu karang yang tumbuh.

Ia merinci, sejauh ini terdapat total 1,837 instalasi bioreef yang tersebar di empat desa di Konawe

Selatan (Konsel).
Yaitu, Desa Lalowaru, Desa Puasana, Desa Wawatu, dan Desa Tanjung Tiram dengan total 85 orang dari masyarakat yang menjadi anggota kelompok kerja (pokja). (p12/iis)

To Top