Pilkades Serentak DPRD dan Dinas PMD Konkep Matangkan Persiapan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pilkades Serentak DPRD dan Dinas PMD Konkep Matangkan Persiapan

HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI
PERDA PILKADES. Suasana RDP antara Komisi I dan Dinas PMD Konkep di ruang paripurna DPRD Konkep, Rabu (8/2) sore.

LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa bersama DPRD setempat bersama-sama menyiapkan rencana pelaksanaan Pilkades serentak, yang rencananya akan digelar Mei mendatang.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Konkep, Takdir SH menjelaskan, salah satu kegiatan yang kini akan dilaksanakan bersama DPRD Konkep adalah sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

“Kita tunggu hasil dari teman-teman di DPRD terkait kapan pelaksanaan sosialisasi Perda. Setelah itu kami turun ke desa-desa untuk mensosialisasikan Perdanya. Insya Allah setelah itu baru akan dilaksanakan pengukuhan BPD dan pembentukan panitia pemilihan (Kepala Desa) di kabupaten,” paparnya.

Di tempat yang berbeda, Ketua Komisi I DPRD Konkep, Drs Untung Taslim dalam rapat menyarankan pihak DPMD agar melakukan pengkajian lebih jauh tentang regulasi dan teknis pelaksanaan Pilkades, agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

“Regulasi dan teknis Pilkades ini sangat penting. Jangan sampai nanti ada masalah,” ingatnya.

Lebih lanjut politisi Partai Gerindra tersebut juga berharap agar sembilan desa yang potensial ikuti Pilkades serentak, bisa tergabung dalam kelompok 63 desa. Soal anggarannya, dia mengatakan akan dicarikan jalan keluar.

Seperti diketahui, anggaran penyelenggaran Pilkades Serentak ini sebelumnya telah disiapkan untuk 63 desa. Belakangan, muncul masukan agar 9 desa juga dimasukkan mengingat para kepala desanya akan berakhir masa jabatannya pada April mendatang.

“Sebaiknya sembilan desa itu bisa ikut dalam Pilkades tahun ini. Kalau masalah anggaran, saya kira bisa ditaktisi menggunakan Alokasi Dana Desa,” jelasnya. (cr9/aha)

To Top