Jurusan Antropologi UHO Terakreditasi B – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Jurusan Antropologi UHO Terakreditasi B

Kajur Antropologi Sosial, Lo Ode Topo Jers. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Setelah sekian lama dinanti-nantikan, akhirnya Jurusan Antropologi Sosial Fakultas Ilmu Budaya (FIB), Universitas Halu Oleo (UHO) terakreditasi B. Sekian lama, salah satu jurusan tertua di kampus hijau tersebut hanya terakreditasi C.

Ketua Jurusan (Kajur) Antropologi Sosial FIB UHO, La Ode Topo Jers mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan berita sejak, Rabu (8/2), bahwa perjuangannya bersama seluruh civitas akademika antropologi sosial selama ini telah terjawab.

“Setelah dikeluarkannya nilai fisitasi kami itu saat ini peringkatnya B, atau ada kemajuan dibanding sebelumnya berdasarkan surat keputusan (SK) yang dikeluarkan Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT),” ungkap La Ode Topo Jers saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (9/2).

Baginya, khususnya dari jurusan antropologi dan seluruh komponen yang ada baik dosen, staf, maupun mahasiswa, berkehendak dan akan terus berusaha untuk mendapatkan akreditas yang lebih baik lagi ke depannya.

“Akreditas B ini bisa kita raih berkat kerja sama semua tim di lingkup antropologi sosial. Penilaiannya dilakukan kurang lebih selama empat bulan,” paparnya.

Ia menyebutkan, ada tujuh standar penilaian dalam akreditasi ini, diantaranya visi misi dan alumni. Ketujuh standar itu, kata dia, sudah dipenuhi dengan baik.

“Ke depan saya bertekad untuk memperjuangkan agar jurusan antropologi sosial ini bisa terakreditasi A. Tentu saya akui untuk mencapai itu tidak bisa hanya saya pribadi selaku kajur, tetapi harus bersama-sama dengan tim lainnya yakni dosen, staf dan mahasiswa,” paparnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa jurusan antropologi sosial, Abdul Kamal mengaku senang dan bangga atas peningkatan akreditasi di jurusannya itu. Sebab,   akreditas itu menjadi salah satu penentu ketika dirinya hendak bekerja di perkantoran saat sudah lulus kuliah nanti.

“Olehnya itu saya sangat salut dan bangga atas perjuangan yang dilakukan Kajur Antropologi Sosial serta civitas akademika UHO ini. Semoga akreditasi ini bisa terus maju dan menghasilkan lulusan yang produktif,” tandasnya. (cr6/nur)

To Top