Dinsos Konkep Gelontorkan 50 Unit Bantuan RTLH di Desa Tekonea – Berita Kota Kendari
Aktualita

Dinsos Konkep Gelontorkan 50 Unit Bantuan RTLH di Desa Tekonea

HUSAIN/BKK
Kadis Sosial Konkep, Muh Rustam Arifin S Sos

LANGARA, BKK – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Konkep siapkan bantuan untuk 50 unit Rumah Tidak Layak Huni di Desa Tekonea Kecamatan Wawonii Timur.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Konkep, Muh Rustam Arifin SSos mengatakan bahwa bedah rumah yang rencananya akan dilaksan Mei mendatang tersebut juga sebagai salah satu persiapan menyambut lomba Peningkatan Peran Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang akan digelar September hingga Oktober nanti.

“Kita sudah lakukan pendataan rumah yang layak dibedah, Insya Allah bulan lima (Mei) sudah mulai kita lakukan pembedahan sekaligus mempersiapkan Desa Tekonea untuk lomba P2WKSS yang rencananya akan dilaksanakan September hingga Oktober nanti,” katanya.

Mantan Sekretaris Dinsos Konkep tersebut menambahkan bahwa bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat tersebut yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Konkep, tidak akan diuangkan tetapi dalam bentuk bahan bangunan hal tersebut dilakukab agar bantuan tersebut lebih tepat sasaran.

“Total anggarannya 500 juta dari APBD, diberikan dalam bentuk bahan bangunan yang saya istilahkan Aladin yaitu atap, lantai dan dinding, jadi rumah yang atapanya dari daun rumbia misalnya, akan kita ganti dengan seng begitu juga rumah yang dindingnya sudah reok akan kita ganti termasuk lantainya,” katanya.

Selain kegiatan bedah rumah, Dinsos Konkep lanjut Rustam, kini tengah melakukan pendataan penduduk yang kategori miskin, hal tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti visi misi Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT dan Wabup Konkep, Andi Muhammad Lutfi SE MM yang salah satunya yakni memerangi keterbelakangan ekonomi masyarakat Wawonii.

“Kami sedang melakukan pendataan masyarakat yang masih kategori misikin untuk dibina, hal tersebut juga sebagai salah satu terobosan kami (Dinsos) untuk menindaklanjuti vis misi Bupati, salah satunya yaitu memerangi keterbelakangan ekonomi masyarakat Wawonii,” katanya (cr9/lex)

To Top