21 Kades di Mubar Geruduk Kejari Muna – Berita Kota Kendari
Kasuistika

21 Kades di Mubar Geruduk Kejari Muna

RAHA, BKK – Sebanyak 21 kepala desa (kades) di Muna Barat yang diduga korupsi Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), dan Block Grant 2015, berkumpul di Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna, Kamis (9/2), sekitar pukul 15.30 Wita.

Kedatangan 21 kades secara massal ini dibawah pimpinan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( BPMD ) Mubar LM Laskar SSTP MSi.

Para kades terlihat langsung masuk ke ruang Kepala Seksi Intelijen (Kasintel) Kejari Muna La Ode Abdul Sofian SH MH.

Mereka diperiksa secara tertutup, sekitar 2 jam, keluar langsung  naik ke mobil menuju Mubar.

Mereka semua bungkam ketika diminta penjelasan oleh wartawan.

Informasi yang diperoleh wartawan koran ini dari Kepala BPMD LM Laskar, kedatangan 21 kades ini atas inisiatif sendiri.

“21 kades ini tidak diperiksa dan tidak dipanggil. Mereka datang atas inisiatif sendiri. Mereka mau mengklarifikaskan ke Kejari terkait pemberitaan di media, bahwa mereka dilaporkan terindikasi melakukan tindak pidana korupsi DD, ADD dan Block Grant. Konon katanya, mereka mark up, kurang volume, dan sebagainya. Padahal, menurut para kades ini mereka bersih dari semua tuduhan itu,” papar LM Laskar.

Terpisah, Kajari Muna Badrut Tamam SH MH melalui Kasintel La Ode Abdul Sofian membenarkan 21 kades datang mengklarifikasikan masalah ini.

“Itu hak mereka ya. Tapi kan tetap kita akan cek secara detail masalah ini. Kita akan turun lapangan. Kalau masalah data awal, kita sudah punya. Kalau memang nantinya terbukti ada penyimpangan, mereka tetap harus bertanggung jawab,” ujar Sofian. (r1/iis)

To Top