Tak Ada Laporan, Tak Ada Pencairan *Baru 14 Desa Pertanggungjawabkan Dana Desa – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Tak Ada Laporan, Tak Ada Pencairan *Baru 14 Desa Pertanggungjawabkan Dana Desa

HUSAN/BKK
Jamhur Umirlan S Pd

LANGARA, BKK- Dana Desa tahap pertama 2017 akan kembali dicairkan pada Maret mendatang. Kepala desa se Konawe Kepulauan diminta segera menyerahkan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahap kedua 2016. Sebab tanpa laporan, dana desa tahap I 2017 itu tak akan bisa dicairkan.

“Prinsipnya, kalau cepat dilaporkan (realisasi penggunaan dana desa), cepat juga pencairan tahap I tahun ini. Jadi tergantung kepala desanya,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Konkep, Jamhur Umirlan S Pd, di ruang kerjanya, Rabu (8/2).

Sejauh ini, lanjut Jamhur, baru 14 desa dari 71 desa yang telah menyampaikan laporan realisasi penggunaan DD tahap II tahun 2016. Sementara 57 desa lainnya, belum menyerahkan laporannya.

Mengantisipasi keterlambatan pencairan dana desa tahap I tahun 2017 nanti, Mantan Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep tersebut mengaku telah menyurati para Kades. Mereka diingatkan agar menyerahkan laporan pertanggungjawaban pengguna DD tahap kedua tahun 2016 paling lambat akhir Februari ini.

“Awal Januari kemarin, kami sudah menyurat kepada para kepala desa untuk mempercepat pelaporan DD tahap II tahun 2016 dan akhir Januari kemarin harusnya sudah disetorkan. Tapi karena sebagian besar belum setorkan laporannya, kita kirimkan lagi surat agar paling lambat akhir Februari ini sudah selesai,” paparnya. (cr9/aha)

To Top