Standar Kelulusan Sertifikasi Guru Diturunkan – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Standar Kelulusan Sertifikasi Guru Diturunkan

Abdul Halim Momo

KENDARI, BKK- Kabar baik kini menghampiri para guru-guru di seluruh Indonesia. Terutama para guru yang belum tersertifikasi.

Kabar baik tersebut, yakni mulai 2017 ini standar kelulusan  untuk para guru yang ingin melakukan sertifikasi skor minimalnya diturunkan menjadi 65 dari yang sebelumnya skor 80. hal ini berdasarkan pertimabangan banyaknya guru yang tidak lulus sertifikasi.

Hal tersebut diungkapkan  ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulawesi Tenggara (Sultra), Abdul Halim Momo. Menurutynya, hal ini sudah disepakatai berdasarkan hasil pertemuan antara ketua PGRI se-Indonesia dengan pihak kementerian yang digelar di Medan beberapa waktu lalu.

“Jadi ada perubahan regulasi dan hasil dari perjuangan dari ketua-ketua PGRI, standar tersebut bisa di turunkan,”  ujar Abdul Halim saat ditemui belum lama ini.

Abdul Halim mengungkapkan, perjuangan PGRI untuk penurunan standar kelulusan tersebut, mengingat para guru yang usianya telah mendekati masa pensiun sudah sulit belajar untuk memperoleh nilai 80.

“Guru-guru terdepan yang masih muda, untuk skor 80 bisa lulus, tapi bagaimana dengan yang sudah umur 50 tahun keatas, dia sudah susah untuk belajar,” ungkapnya.

Katanya, saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), sedang mempersiapkan regulasinya standar kelulusan sertifikasi guru itu.  (p12/nur)

To Top