Pupuk Bersubsidi Tidak Terdistribusi Baik – Berita Kota Kendari
Beranda

Pupuk Bersubsidi Tidak Terdistribusi Baik

Rasyd. (Faisal/BKK)

KENDARI, BKK- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara menemukan masih banyak petani yang tidak mendapatkan pupuk bersubsidi sebagaimana yang diprogramkan kementerian.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sultra, Rasyd menilai, kondisi ini diakibatkan kurang cermatnya masyarakat petani dalam menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

Diungkapkan, keluhan petani yang tidak mendapatakan pupuk dijumpainya saat melakukan reses di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), yaitu di Kecamatan Palangga, Lalembu, dan Tinanggea.

Ia mendapati beberapa petani tidak terdaftar di penyuluh pertanian desa, sehingga tidak terdaftar dan tidak punya kelompok tani.

Pasalnya, dalam pengusulan RDKK, petani diharuskan memiliki kelompok tani.

Berkait itu, ia menekankan kepada pemerintah agar intens melakukan sosialisasi ke masyarakat, khususnya petani dalam memperoleh pupuk bersubsidi.

Sebab, kata dia, tidak terdistribusinya pupuk ke masyarakat diakibatkan ketidakpahaman masyarakat dalam mekanisme memperoleh pupuk.

“Kita akan memanggil satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang terkait dengan itu. Kedua, kita juga akan memanggil disteibutor pupuk termasuk beberapa perusahaan pupuk di Sultra,” tutupnya. (p11/iis)

To Top