Debat Pilkada Kolut Pengaruhi Pemilih Pemula – Berita Kota Kendari
Suksesi

Debat Pilkada Kolut Pengaruhi Pemilih Pemula

Eka Suaib saat diwawancara

LASUSUA, BKK – Debat terbuka Pilkada Kolaka Utara (Kolut) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Selasa (7/2), dinilai akan membawa pengaruh besar terhadap perolehan suara masing-masing pasangan (Paslon) saat pemungutan suara 15 Februari mendatang

Salah satu panelis dalam debat terbuka tersebut, Prof DR Eka Suaib mengatakan, debat terbuka yang berdurasi tiga jam lebih itu dipastikan akan membawa pengaruh besar terhadap para pemilih pemula yang belum menentukan pilihannya dan pemilih yang masih ragu akan pilihannya.

“Pemilih pemula yang belum menentukan pilihan atau masih ragu dengan pilihannya ini, dapat dipengaruhi banyak faktor usai pelaksanaan debat ini,” ujar Eka.

Menurutnya, beberapa faktor pemilih ragu menentukan pilihan karena belum kenal atau belum pernah mengikuti sosialisasi secara terbuka para paslon. Bisa jadi juga karena mereka  belum tahu visi dan misi yang ditawarkan masing-masing paslon.

Selain itu lanjut dia, debat terbuka ini memperlihatkan kemapuan para paslon. Sehingga,  ribuan pemilih yang menyaksikan debat tersebut sudah bisa menilai dan menentukan pilihan terhadap salah satu paslon yang akan dipilihnya nanti.

“Paslon  sudah menampilkan kemampuan dengan baik dan menunjukan pada tim, simpatisan dan relawanya bahwa visi dan misi mereka yang terbaik dari paslon yang lainya,”  ujar Eka.

Sementara itu, Ketua DPRD Kolut, Musakkir Sarira S Sos menilai, debat terbuka yang digelar KPU tersebut, sudah sangat baik dalam menjalankan kehendak atuaran sebagai salah satu tahapan yang harus dijalankan dalam proses penyelenggaraan pilkada.

“Debat Kandidat ini adalah kehendak aturan, ada tahapan debat kandidat, semua pertanyaan dan jawaban dari masing-masing paslon sudah sangat bagus. Tinggal bagaimana ke depan paslon terpilih tentu diharapkan dapat mengimplementasikan visi dan misinya yang telah disampaikan dalam debat ini maupun yang disampaikan saat sosialisasi dan kampanye,” papar Musakkir.(cr11/nur)

To Top