Abu Hasan Minta Kadis Pertanian Rutin Temui Petani – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Abu Hasan Minta Kadis Pertanian Rutin Temui Petani

BURANGA, BKK- Pemerintah Kabupaten Buton Utara telah menargetkan akan menjadi lumbung pangan organik. Untuk mencapai target itu, Bupati Butur Abu Hasan mengistruksikan Kepala Dinas Pertanian, Ir Yusuf dan jajarannya agar lebih intensif turun ke lapangan.

Menurut bupati, turun ke lapangan akan sangat efektif untuk menganalisa potensi sekaligus tantangan yang dihadapi oleh para petani. Selain itu, petani akan merasakan langsung perhatian pemerintah terhadap masalah yang mereka hadapi.

“Tahun ini banyak anggaran yang kita gelontorkan untuk sektor pertanian. Untuk itu, saya sudah mengintruksikan Kadis Pertanian rajin menemui para petani untuk menampung aspirasi mereka sekaligus menemukan solusinya,” kata Abu Hasan di ruang kerjanya, Rabu (8/2).

Abu Hasan mengungkapkan, lahan untuk pertanian di Butur sangatlah luas sehingga dianggap bisa menjadikan Butur sebagai lumbung pangan organik. Hanya saja, kebanyakan para petani mungkin belum memahami betul bagaimana bercocok tanam pangan organik, agar produksinya bisa melimpah dan berkualitas tinggi.

Di samping mengaktifkan dinas pertanian, bupati juga mengaku sudah mengutus sejumlah petani untuk belajar langsung di daerah-daerah yang sudah dikenal sebagai penghasil produk organik.

“Kami telah mengirim tujuh petani  di Tasik Malaya, Jawa Barat, untuk berlajar terkait tata cara bercocok tanam pertanian organik selama sepekan. Kita berharap hasil yang didapatkan di sana bisa diaplikasikan di sini,” imbuhnya.

Tak hanya produk organik, Bupati juga ingin agar Butur bisa kembali dikenal sebagai penghasil beras yang enak. Seperti diketahui, dulu, Beras Kambowa sangat terkenal aromanya yang harum. Sayangnya, jenis beras kelas premium ini tidak banyak lagi yang kembangkan. Bahkan sudah terancam punah.

“Kejayaan Beras Kambowa harus kita kembalikan lagi. Harus ada upaya pelestarian yang berkelanjutan,” katanya.

Dengan berbagai program pertanian tersebut, orang nomor satu di Butur ini berharap dapat mengurangi angka pengangguran. Selain pertanian, Abu Hasan juga akan memaksimalkan potensi perikanan, peternakan dan usaha kecil menengah akan mampu menyerap 60 persen tenaga kerja. (cr10/aha)

To Top