Tenaga Kesehatan di Kendari Tidak Ada Lagi yang Tidak Punya STR – Berita Kota Kendari
Beranda

Tenaga Kesehatan di Kendari Tidak Ada Lagi yang Tidak Punya STR

Ilustrasi

KENDARI, BKK – Keren, tenaga kesehatan di Kota Kendari sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR).

Itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Upaya Kesehatan Medic Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari Samsuri Bahri, Selasa (7/2).

Dijelaskan, sesuai Undang-Undang Tenaga Kesehatan Tahun 2014, semua tenaga kesehatan harus punya STR.

“STR ini merupakan salah satu syarat untuk mengurus surat izin praktik, misalnya dokter, apoteker, perawat, bidan, termasuk tenaga yang lain itu, diharapkan agar mereka memiliki STR,” paparnya.

Sebenarnya STR ini, lanjut dia, sama dengan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Jadi, kalau tidak punya STR tidak bisa tangani pasien. Jadi, STR ini sangat penting,” imbuhnya.

Lebih jauh, terang dia, kendati sudah memiliki STR, ada beberapa indikator untuk mendapatkan izin praktik, yakni harus ada rekomendasi dari organisasinya.

Kalau dia dokter, harus ada rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kalau bidan dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI), kalau perawat dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

“Untuk mengurus itu dilakukan lima tahun sekali. Sedangkan untuk pemberian izin praktik kepada mereka, itu berdasarkan masa berlakunya STR masing-masing.

“Jika ingin memperpanjang izin praktik, mereka ada aturannya lagi sesuai provesi masing-masing.

Seperti dokter, harus punya 150 kredit untuk mendapatkan STR berikutnya, kalau dokter spesialis sekurang-kurangnya harus dapat 250 kredit dengan rentang waktu selama lima tahu. Sedangkan gizi, harus punya 25 kredit,” rinci Samsuri Bahri.

Selama ini, sambung dia, di Kendari tidak ada bidan atau perawat yang membuka praktik tanpa STR, sebab jika itu dilakukan maka akan merugikan pribadinya sendiri. (cr6/iis)

To Top