Headline

Persaingan Tokoh di Kampanye Akbar

KENDARI, BKK – Menjelang digelarnya hari H pencoblosan pemilihan walikota dan wakil waliklota Kendari, ketiga pasangan calon (paslon) akan menggelar kampanye akbar.

Akhirnya pelaksanaan kampanye akbar dari ketiga paslon akan dilaksanakan pada hari berbeda, menyusul keputusan tim paslon nomor urut 3, Moh Zayat Kaimoeddin – Suri Syahriah memindahkan jadwal kampanyenya pada Jumat (10/2). Padahal sebelumnya KPU Kota Kendari telah menetapkan jadwal kampanye paslon nomor tiga ini bersamaan harinya dengan kampanye akbar paslon nomor urut 2 ADP-Sulkarnain, yakni Sabtu (11/2).

Pelaksanaan kampanye akbar yang mulai digelar Rabu (8/11) hari ini, yakni paslon nomor urut 1 Abdul Rasak – Haris  Andi Surachman di lapangan Benubenua.

Dalam pelaksanaan kampanye akbar ini, tampaknya menjadi ajang persaingan para tokoh di belakang paslon, baik tokoh nasional maupun tokoh lokalnya.

Misalnya paslon Abdul Rasak – Haris  akan menurunkan elit parpol pengusungnya dalam kampanye hari ini, di antaranya Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto, didampingi Sekjen Idrus Marham, Wakil Ketua Umum Nurdin Halid, dan Ketua Pemenangan Sulawesi Partai Golkar, Hamka Kadi.

Sedangkan dari Partai Nasdem yang akan hadir dalam kampanye akbar Abdul Rasak – Haris yakni Ketua DPP Nasdem yang juga Korwil Sultra, H Malkan Amin.

Selain itu ada sejumlah tokoh lokal Sultra juga ketinggalan misalnya, Ketua DPD Partai Golkar Ridwan Bae, Mantan Gubernur H Ali Mazi, Ketua DPW NasDem Sultra, Tony Herbiansyah, dan mantan Walikota Kendari dua periode, Mansyur Masie Abunawas.

Bukan saja itu, pihak tim pemenangan Abdul Rasak – Haris menyebut Gubernur Nur Alam akan ikut meramaikan kampanye paslon mereka.

“Semoga dalam pelaksanaan kampanye akbar Gubernur Sultra, Nur Alam juga bisa hadir untuk meramaikan kampanye akbar Rasak-Haris,” harapnya.

Sementara Calon Walikota Kendari nomor urut 2, ADP mengatakan, dalam pelaksaan kampanye akbar nantinya bakal dilakukan di Lapangan Benua-Benua Kota Kendari pada Sabtu (11/2) mendatang sekitar pukul 13.30 Wita. Namun, dalam pelaksaan kampanye akbar nantinya, dirinya belum bisa memastikan bakal dihadiri langsung Ketua DPP PAN, Zulkifli Hasan. Hanya saja, dirinya memastikan yang bakal hadir adalah Sekjen DPP PAN, Eddy Suparno.

“Informasi terakhir yang kami dapat Zulkifli Hasan tidak bisa hadir dalam kampanye akbar ADP-Sul karena Ketua DPP PAN akan menghadiri kegiatan  dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta bertepatan dengan kampanye akbar paslon ADP-Sul yang telah kita jadwalkan sejak jauh-jauh hari. Sehingga yang akan hadir nantinya adalah Sekjen DPP PAN, Edi Suparno bersama pengurus DPP partai pengusung paslon ADP-Sul,” ujarnya.

Dikatakannya, sementara untuk tokoh-tokoh asal Sultra yang bakal hadir adalah Walikota Kendari, Ir Asrun, Wakil Walikota Kendari, Musadar Mapasomba, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sultra, H Imran, mantan Wakil Ketua DPRD Sultra, La Pili serta tokoh-tokoh pendukung paslon ADP-Sul.

Sementara untuk kampanye paslon nomor urut 3, Zayat-Syahriah dalam pelaksanaan kampanye di eks-MTQ Kota Kendari bakal dihadiri oleh pengurus DPP Partai PDI-P, Adian Napitipulu, Edi Kondologit, Kordinator Wilayah (Korwil) Sulawesi DPP PDI-P, Irianti Sukamdani, Butet Kartawijaya.

“Untuk pengurus DPP Partai Hanura dipastikan akan turut hadir Sekjen DPP Hanura, Sarifudin Sudding begitu pula pengurus DPP partai pengusung paslon Zayat-Syahriah juga bakal hadir dalam pelaksaan kampanye akbar. Hanya saja saya belum bisa pastikan siapa-siapa yang bakal hadir nantinya,” jelas Juru Bicara (Jubir) paslon Zayat-Syahriah, Umar Bonte saat dihubungi melalui selulernya.

Ia menambahkan, untuk pengurus DPD Sultra partai pengusung paslon nomor urut 3 yang dipastikan hadir dalam pelaksanaan kampanye akbar di 10 Februari mendatang adalah Ketua DPD PDIP Sultra, Ir Hugua, Ketua DPD Partai Demokrat, Endang SA, Ketua DPD Partai Hanura Sultra, Sabri Manomang, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Sultra, Rasyid Syawal.

“Serta turut hadir juga seluruh pengurus DPD dan DPW serta DPC partai pengsung paslon zayat-Syahriah dan seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) baik Sultra maupun Kota Kendari dari fraksi partai pengusung paslon nomor urut 3,” pungkasnya.

Soal pelaksanaan kampanye akbar ketiga paslon, Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu mengatakan, berdasarkan hasil rapat yang dilakukan KPU Kota Kendari bersama dengan masing-masing tim kampanye paslon dan pihak Kepolisian Resor (Polres) Kendari serta Panitia Pengawas Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Panwaslih) Kendari, terhadap dua paslon yang melakukan kampanye akbar dihari yang bersamaan yakni ADP-Sul dan Zayat-Syahriah maka boleh mencari waktu lain selain ditanggal 8 Februari.

“Terhadap kedua paslon itu, dianjurkan untuk salah satunya memajukkan waktu kampanye akbar selain tanggal 8 Februari karena ditanggal tersebut merupakan waktu kampanye paslon nomor urut 1. Sesuai dengan permintaan tim kampanye paslon nomor urut 3 yang meminta untuk melakukan kampanye akbar di tanggal 10 Februari mendatang maka KPU Kota Kendari menyepakatinya,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/2).

Lelaki yang akrab disapa Teo ini menambahkan, berdasarkan dari hasil keputusan rapat bersama dan atas permintaan dari masing-masing tim kampanye paslon, maka ketiga paslon Walikota dan Wakil Walikota Kendari ini akan melakukan kampanye akbar dihari-hari yang berbeda.

“Kita juga telah memberitahukan kepada masing-masing tim kampanye paslon dalam memasuki masa tenang, yang dimulai sejak tanggal 12-14 Februari mendatang, setiap paslon tidak boleh melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi termaksud kampanye.  (m2/lex)

To Top