Pemda Fasilitasi UMKM Kembangkan Usaha – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Pemda Fasilitasi UMKM Kembangkan Usaha

Slamet SIp

Andoolo, BKK – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Koperasi dan UMKM menfasilitasi agar pengusaha mikro kecil dan menengah dapat mengembangkan usahanya.

Hal itu diungkapkan oleh Kadis Koperasi dan UMKM, Drs Muh Hisrah melalui Kepala Bidang UMKM, Slamet SIp kepada jurnalis Berita Kota Kendari (BKK) di ruang kerjanya, Selasa (7/2).

Slamet menuturkan jumlah pengusaha mikro  di Kabupaten Konsel berjumlah 5.050, pengusaha kecil sebanyak 1.862 dan usaha menengah berjumlah 84. “Hasil pendataan dan inventarisasi kita hampir semua aktif melihat beberapa mengalami perkembangan usaha,” terang Slamet.

Slamet mengatakan di tahun 2017 pihaknya telah melakukan minitoring dan evaluasi terhadap pengembangan usaha.

“Artinya pemerintah daerah siap membantu mengembangkan usaha para pelaku usaha dalam penguatan permodalan. Hal itu dilakukan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) bekerjasama dengan Bank BRI,” jelas Slamet.

Melalui bantuan permodalan tersebut bunga bank dari KUR juga sangatlah terjangkau. Berdasarkan Perpres 98 tahun 2014 tentang izin usaha mikro, kecil dan menengah, lanjut dia, Pemda Konsel telah mendelegasikan ke Camat soal keluarnya peraturan bupati 2015 dengan pendelegasian usaha mikro menengah.

“Jaminan untuk mendapatkan KUR melalui sertifikat. Sedang model pengembalian dapat dilakukan secara berjangka,” ungkapnya(cr13/lex)

To Top