Kajati Disposisi, Penyidik Bentuk Tim Investigasi – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Kajati Disposisi, Penyidik Bentuk Tim Investigasi

Janes Mamangkey SH saat menerima laporan dan bukti permulaan atas kasus korupsi ADD 2016 Desa Kalibu yang dilaporkan Muhammad Fitrah Ridha. (Foto: Rull/BKK)

KENDARI, BKK – Laporan dugaan korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) 2016 di Desa Kalibu Kabupaten Buton Utara (Butur) yang melibatkan Kepala Desa (Kades) Kalibu, La Kidu, sudah didisposisi Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra Sugeng Djoko Susilo SH MH.

Usai didisposisi oleh Kajati Sultra, penyidik bakal membentuk tim dan terjun ke lapangan melakukan investigasi untuk memastikan adanya dugaan korupsi atas dua item pekerjaan, yakni renovasi bangunan mesjid serta pengerasan jalan, yang tidak sesuai dengan rancangan anggaran biaya (RAB).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Humas Kejati Sultra Janes Mamangkey SH mengatakan, Selasa (7/2), pihaknya telah menerima laporan atas dugaan kasus korupsi ADD 2016 di Desa Kalibu yang melibatkan kadesnya.

Hanya saja, kata dia, untuk dilakukan investigasi terlebih dulu diserahkan ke Kajati Sultra untuk dilakukan disposisi.

Ia menambahkan, setelah disposisi, pihaknya bakal langsung membentuk tim untuk kemudian melakukan investigasi di lapangan.

Jika terbukti, sambung dia, pihaknya bakal langusng melakukan pemeriksaan.

“Anggaran kedua item pekerjaan tersebut secara keseluruhan berjumlah Rp 506 Juta,” jelasnya.

Sebelumnya, Muhammad Fitrah Ridha mengungkapkan, dari hasil investigasi di lapangan, dirinya menemukan adanya indikasi korupsi di dalamnya atas dua item pekerjaan yang tidak sesuai RAB yakni renovasi mesjid dan pengerasan jalan.

Menurutnya, dua item pekerjaan tersebut sama sekali tidak dilakukan karena masih sama dengan model lama, baik itu bangunan mesjid maupun pengerasan jalan.

“Sementara, anggaran pekerjaan itu telah dicairkan secara keseluruhan yang berjumlah Rp 506 juta dari Rp 280 juta untuk renovasi bangunan mesjid dan Rp 226 juta untuk peningkatan jalan desa,” bebernya. (cr5/iis)

To Top