Warga Konkep Diajak Manfaatkan Lahan – Berita Kota Kendari
Aktualita

Warga Konkep Diajak Manfaatkan Lahan

HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI
Suasana Rakor Upsus Pajale Pemda Konkep melalui Distan Konkep yang dihadiri oleh Camat dan Kades se-Konkep serta beberapa unsur terkait, di Pendopo Rujab Bupati Konkep, Senin (6/2).

LANGARA, BKK – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pertanian ajak masyarakat manfaatkan lahan pertanian untuk penanaman komoditas utama padi, jagung dan kedelai (Pajale) di Wawonii. Ajakan pemanfaatan lahan tersebut disampaikan saat melaksanakan rapat koordinasi Upsus Pajale di Pendopo Rujab Bupati Konkep, Senin (6/2).

Sekretaris Dinas Pertanian (Sekdistan) Konkep, Nasar SST MMA menjelaskan bahwa rapat koordinasi tersebut selain memanfaatkan lahan pertanian di desa-desa yang ada di Pulau Wawonii tersebut juga untuk menindaklanjuti program Pemerintah Pusat yakni Upaya Khusus (Upsus) Pajale tahun 2017.

“Kita tindaklanjuti program pemerintah pusat maupun provinsi terkait Upsus Pajale, sekaligus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pertanian yang ada di desa-desa melalui Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Konawe Kepulauan,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian melalui Sekretarisnya, Nasar berharap agar masyarakat bisa memanfaatkan program yang dicanangkan oleh pemerintah pusat tersebut untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat sekaligus memenuhi swasembada pangan salam negeri yang selama ini selalau dimpor dari negara lain.

“Untuk Konawe Kepulauan, kita disiapkan lima ratus hektar untuk Pajale ini, dengan kesempatan seperti ini, kita harapkan masyarakat untuk betul-betul memanfaatkan sebagai salah satu cara menumbuhkan ekonomi sekaligus memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri yang selama ini selalu diimpor dari luar negeri,” harapnya.

Memenuhi kebutuhan masyarakat yang siap melaksanakan penanaman tiga komoditas utama tesebut, pemerintah pusat melalui Distan Konkep menyiapkan pupuk dan benih untuk ditanam.

“Kita siapkan benih dan pupuknya, masyarakat tinggal tau menanam saja,” katanya. (cr9/lex)

To Top