Pemilih Disabilitas Didampingi Keluarga Saat Mencoblos – Berita Kota Kendari
Suksesi

Pemilih Disabilitas Didampingi Keluarga Saat Mencoblos

KENDARI, BKK – Bagi pemilih yang masuk kategori disabilitas atau pemilih yang mengalami cacat fisik tidak perlu khawatir dalam menyalurkan hak suaranya saat pemungutan suara di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Kendari di 15 Februari 2017 mendatang. Mereka akan menyalurkan hak pilihnya, dengan didampingi keluarga saat mencoblos di Tempat pemungutan Suara (TPS)

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Hayani Imbu menjelaskan, keluarga yang mendampingi penyandang disabilitas ke TPS  nantinya, harus membuat surat pernyataan tertulis dan harus bisa menjaga kerahasiaan pilihan pemilih bersangkutan.

“Untuk pemilih disabilitas, jika tidak bisa melihat berarti harus didampingi oleh keluarganya. Tetapi, dalam melakukan pencoblosan surat suara itu adalah orang  yang memiliki kategori pemilih disabilitas bukan keluarganya yang mendampingi. Keluarga yang mendampingi itu hanya sebatas mengarahkannya siapa yang akan dipilihnya,” katanya saat ditemui, Senin (6/2).

Lelaki yang akrab disapa Teo ini menambahkan, lain halnya dengan pemilih kategori disabilitas yang tidak memiliki kedua tangan dan kaki. Dalam melakukan pencoblosan nantinya, selain didampingi pihak keluarga juga bakal disaksikan langsung oleh Komisi Panitia Pemungutan Suara (KPPS) saat di TPS.

“Pemilih yang tak memiliki tangan dan kaki itu akan dicobloskan oleh orang yang mendapingi, tetapi harus atas pilhan orang yang bersangkutan dengan disaksikan langsung oleh anggota KPPS di TPS dimana dirinya menyalurkan hak pilihnya nanti,” jelasnya.

Dikatakannya, sama dengan pemilih lainnya, penyandang disabilitas yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemungutan Suara (DPT) namun memiliki termaksud e-KTP dengan alamat Kota Kendari,  maka tetap akan bisa menyalurkan hak pilihnya di pilwali mendatang. (m2/nur)

To Top