Laksanakan UNBK, SMPN 9 Kendari Harapkan Sumbangan Orang Tua Siswa – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Laksanakan UNBK, SMPN 9 Kendari Harapkan Sumbangan Orang Tua Siswa

Kepala Sekolah SMPN 9 Kendari Nurdin Tinggila

KENDARI, BKK- SMPN 9 Kendari yang menjadi salah satu sekolah pelaksana  Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2017, sampai saat ini masih kekurangan komputer.  Namun, untuk memenuhi kekurangan itu, orang tua siswa peserta ujian di sekolah ini sudah sepakat untuk memberikan sumbangan.

Pihak SMPN 9 dalam waktu dekat akan segera membuka rekening khusus untuk menampung sumbangan orang tua siswa tersebut.

“Jadi kita sudah rapatkan dan Alhamdulillah orang tua siswa sudah setuju untuk menyumbang sesuai kemampuannya. Kita harus beli lima buah server untuk 125 komputer,” kata Kepala SMPN 9 Kendari, Nurdin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (6/2).

Nurdin mengungkapkan, untuk dapat memenuhi kebutuhan komputer tersebut, rata-rata jumlah sumbangan yang diperlukan dari masing-masing orang tua siswa sekitar Rp 450.000. Hanya saja  untuk orang tua siswa dari kalangan tidak mampu hanya disesuaikan dengan kemampuannya.

“Saat rapat beberapa hari yang lalu, sudah ada beberapa orang tua yang mengaku siap menyumbang sebesar Rp 1 juta, sehingga untuk orang tua siswa yang kurang mampu kami tidak ada paksaan.

Istilahnya saling menutupilah jika ada yang menyumbang lebih dari rata-rata,” kata Nurdin.

Meski demikian, pengadaan komputer sendiri nantinya akan disesuaikan dengan nilai sumbangan dari orang tua siswa. Apabila tetap mengalami kekurangan, pihaknya akan meminjam komputer atau leptop siswa.

Ia pun menargetkan, sumbangan-sumbangan tersebut bisa terkumpul hingga 10 Maret 2017 mendatang.

Nurdin menambahkan, jika hanya mengandalkan dana BOS, tentu tidak akan mencukupi kebutuhan komputer tersebut. Sebab, tiap tahunya dana BOS hanya menyiapkan pengadaan maksimal lima komputer.

“Seharusnya, pemerintah minimal memberikan bantuan komputer kepada sekolah untuk pelaksanaan UNBK tersebut,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini komputer di SMPN 9 Kendari yang siap digunakan untuk pelaksanaan UNBK baru mencapai 15 unit komputer.

“Sebenarnya, jumlah komputer di SMPN 9 Kendari ada sekitar 60 unit, hanya saja spesifikasinya tahun 2003 dan tak bisa lagi digunakan di UNBK,” tutupnya.(p12/nur)

To Top