Aktualita

Akibat Illegal Logging, Fasilitas Desa Jadi Rusak

Salah satu bukti aktivitas illegal logging di wilayah kawasan hutan lindung di Konsel yang berhasil diamankan aparat

Andoolo, BKK – Maraknya aktifitas Penebangan liar atau Illegal loging membuat berbagai fasilitas desa Alakaya menjadi rusak diakibatkan aktifitas kendaraan roda empat dengan memuat hasil olahan kayu dari hutan lindung yang tidak mengenal waktu.

Penduduk yang mayoritas bekerja sebagai petani budidaya padi dengan jumlah 186 Kepala  Keluarga (KK) dari 600 jiwa mendiami desa tersebut menjadi kawatir atas aktifitas tersebut, pasalnya hutan lindung yang berpungsi sebagai penopang ketersediaan air kali roraya yang mengairi persawahan semakin berkurang.Olehnya itu, Warga desa Alakaya meminta kepada seluruh stakeholder terkait untuk segera menghentikan aktifitas Illegal loging yang sudah berlangsung cukup lama.

“Pemerintah, kepolisian tolong jangan ini dibiarkan bagaimana kalau air kali roraya kering dan menyebabkan areal persawahan kami juga ikut menjadi kering, mau cari makan dimana kami,” ucap warga Desa Alakaya inisial AM yang enggan disebutkan namanya.

Selain itu, lanjut dia, aktifitas Illegal loging juga merusak beberapa infrastruktur desa seperti jalan serta jembatan dan juga tidak sedikit warga harus merasakan debu yang ditebarkan para supir pemuat kayu usai melewati jalan yang berkerikil melewati rumah rumah warga.

“Kami juga sudah sering melaporkan hal ini kepihak kepolisian maupun pemerintah desa namun yang terjadi mala sebaliknya tamba banyak pengolah kayu yang lalu lalang,”terangnya AM warga desa Alakaya yang sehari harinya bertani sawah.

Kades Alakaya, Muh Edwin S Sos saat di konfirmasi terkait persoalan itu juga mengatakan telah melakukan beberapa upaya dengan melakukan pemalangan jalan agar mobil pemuat kayu tidak lagi melewati jalan tersebut namun hal itu tidak efektif karena pihak pengolah kayu selalu saja merusak pemalang itu.

“Kita sudah melakukan beberapa upaya seperti memalang jalan tapi ada ada saja mereka mencari jalan dan juga merusak kayu pemalang pada waktu tengahmalam atau subuh saat semuanya tertidur lelap,”katanya

Edwin juga mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait persoalan itu, dan saat ini telah masuk dalam daftar pengawasan aparat hukum.

“Kita sudah lakukan koordinasi dengan polisi dan sementara sudah tahap pengawasan dan mudamudahan dengan bantuan polisi masalah bisa teratasi dan juga tidak ada lagi aktifitas perambahan hutan yang bisa merusak ekosistem hutan,”harapnya

Kapolsek Palangga, Iptu Muchlis saat konfirmasi Senin (6/2) mengatakan sebelumnya sudah melakukan beberapa kali operasi dilokasi tersebut bersama anggota Polsek Palangga, namun tidak perna berhasil menemukan pelaku Illegal loging.

“Setiap kita masuk dan turun operasi tidak pernah mendapati pelaku Illegal loging, saya curiga mungkin ada yang bocorkan operasi itu,”tuturnya muchlis saat dikonfirmasi di ruangannya.

Meski demikian, kata muchlis, pihak kepolisian Polsek Palangga selalu memonitor apabila terjadi aktifitas Illegal loging melalui anggota Bhabinkamtibmas Polsek Palangga yang kusus bertugas melayani masyarakat di desa-desa.

“Kita sudah ada angota yang setiap saat mengecek dan memonitor aktifitas Illegal loging dan mencari informasi dari warga sekitar desa itu,” katanya.

Menurut informasi sementara, kata dia, pelaku Illegal loging melibatkan oknum TNI olehnya itu, pihak kepolisian cukup berhati hati dalam melakukan operasi dalam menjaga hubungan agar tidak terjadi benturan antara aparat hukum.

“Ada informasi dari warga katanya ada oknum TNI yang terlibat maka dari itu kami juga harus berhati hati dalam beroperasi jangan sampai terjadi benturan,”ucapnya

Dia mengungkapkan operasi gabungan yang dilakukan Polda sultra beberapa waktu lalu diwilayah Konsel berhasil menangkap kayu milik salasatu purnawirawan TNI yang saat ini sudah menjalani proses hukum.
“Kejadiannya itu di Desa Sanggi Sanggi Kecamatan Palangga,”terangnya

Kapolsek menghimbau kepada warga sekitar untuk tidak melakukan aktifitas Illegal loging untuk menghindari kasus Illegal loging karena bisa berbuntut pidana dan masuk kejeruji besi.(cr13/lex)

To Top