RSUD-Puskesmas Konkep Bentuk Sistem Informasi Terpadu – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

RSUD-Puskesmas Konkep Bentuk Sistem Informasi Terpadu

LANGRA, BKK – Demi memaksimalkan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) berencana membangun sistem informasi terpadu dengan seluruh Puskesmas yang ada di Wawonii.

Kepala RSUD Konkep, dr Rudi menjelaskan, sistem informasi terpadu antara RSUD dengan Puskesmas se-Pulau Wawonii, akan mempermudah pelayanan kesehatan terutama jika ada pasien yang akan dirujuk dari Puskesmas ke RSUD.

“Kalau ada pasien, harus sudah diinformasikan sebelum dirujuk ke rumah sakit. Paling tidak, kita bisa arahkan para petugas di Puskesmas untuk memberikan pertolongan dasar apa yang harus diberikan. Kemudian kami yang ada di sini (rumah sakit), sudah ada informasi bahwa akan ada pasien yang dirujuk dari Puskesmas ini,” jelasnya.

Dengan kondisi fasilitas yang belum memadai untuk pelayanan kesehatan di Konkep, dr Rudi juga berharap kepada pihak Puskesmas untuk menyiapkan dokumen kelengkapan saat merujuk pasien di rumah sakit.

“Memang kondisi kita saat ini masih serba kekurangan, tapi bukan berarti kita bekerja apa adanya. Misalnya akhir-akhir ini yang terjadi, petugas Puskesmas saat merujuk pasien ke rumah sakit, paling tidak harus miliki surat-surat kelengkapan rujukan, harus bedakan antara merujuk pasien dengan mengantar pasien,” pesannya.

Di tempat yang berbeda, Kepala Dinas Kesehatan Konkep, Sastro mendukung program sistem informasi terpadu RSUD-Puskesmas se-Konkep. Namun menurut mantan Kepala Dinas Pertambangan (Kadistamben) Konkep tersebut, saat ini masih perlu menyiapkan sarana pelayanan  yang dibutuhkan.

“Memang perlu itu (Sistem Informasi Terpadu). Paling tidak petugas di Puskesmas sudah tahu bahwa pasien yang dirujuk akan diterima oleh dokter siapa, dan sudah disiapkan di kamar nomor ini misalnya. Tetapi untuk saat ini kita masih lengkapi dulu sarana pelayanan yang dibutuhkan,” katanya. (k4/aha)

To Top