Mawasangka Mulai Kondusif, Delapan Orang Diamankan # Rumah Abdul Hasan Mbou Diserang Massa, Tiga Mobil Dibakar – Berita Kota Kendari
Headline

Mawasangka Mulai Kondusif, Delapan Orang Diamankan # Rumah Abdul Hasan Mbou Diserang Massa, Tiga Mobil Dibakar

Salah satu mobil yang diparkir di depan rumah Abdul Hasan Mbou yang dibakar massa.

Kondisi keamanan di Mawasangka berangsur kondusif atau aman, setelah Sabtu (4/2) malam sempat terjadi kerusuhan di kediaman tokoh masyarakat Mawasangka yang juga mantan anggota DPRD Sultra, Abdul Hasan Mbou, di Desa Kelurahan Watolo Kecamatan Mawasangka.

“Sekarang sudah mulai kondusif. Situasi sudah aman aman saja,” kata Kapolres Baubau, AKBP Suryo Aji SIK kepada jurnalis Harian Berita Kota Kendari di Baubau, Minggu (5/2) malam.

Menurut Suryo, pihaknya masih menyiagakan personil kepolisian di rumah Hasan Mbou untuk tetap mengantisipasi adanya situasi yang tidak diinginkan.

“Tapi tidak hanya di rumah Hasan Mbou. Di seluruh Buteng kita juga siaga,” kata Suryo.

Mengenai kasus yang sempat menghebohkan ini, Suryo mengaku sedang menanganinya.

Sebelumnya, sesaat setelah kejadian, anggota Polres Baubau mengamankan 8 orang di dalam rumah Abdul Hasan Mbou, bersama sejumlah barang bukti, seperti parang, busur dan kelereng yang digunakan sebagai peluru ketapel.

“Kami langsung amankan TKP (Tempat Kejadian Perkara) dan 8 orang yang salah satunya adalah wanita, langsung kami amankan ke Polres Baubau. Terkait dengan senjata rakitan, kami belum temukan, kami masih menunggu tim identifikasi dari reskrim,” Wakapolres BauBau, Kompol Suparno Agus Candra Kusuma  SIK, kepada jurnalis, Sabtu (04/2).

Untuk diketahui pada Sabtu (4/2) sekitar pukul 21.00 Wita, tiba-tiba datang massa dari berbagai penjuru menyerbu rumah Hasan Mbou di kelurahan Watolo Mawasangka.

Massa penyerang kemudian melakukan pembakaran tiga unit mobil di kediaman Abdul Hasan Mbou.

“Mungkin ada sedikit kless, kesalapahaman antara penduduk yang tinggal di sini. Intinya kami baru dapat informasi awal, masih melakukan penyelidikan untuk mendapatkan fakta yang sebenarnya,” kata Kompol Suparno.

Dia menjelaskan, sebenarnya anggota kepolisian dari Polsek Mawasangka sudah berada di TKP, tapi karena situasi tidak berimbang, dimana massa banyak, sehingga menyulitkan petugas menghalau terjadinya kekerasan dan pembakaran.

Belum diketahui pemilik mobil yang dibakar, namun informasi yang diterima kepolsiain mobil itu diantaranya adalah mobil rental.

Pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan. Saat ini di lokasi kejadian masih dipasang garis polisi (police line), dan dijaga ketat oleh pihak kepolisian dan TNI.

Pemilik rumah yang juga tokoh masyarakat Mawasangka, Abdul Hasan Mbou hingga saat belum bisa dikonfirmasi. Jurnalis BKK sudah berusaha menghubungi nomor selulernya, namun tidak aktif. (cr7/lex)

To Top