Lahan 8.000 Hektar Siap untuk Jagung Hibrida – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Lahan 8.000 Hektar Siap untuk Jagung Hibrida

LASUSUA, BKK – Kolaka Utara siap menyukseskan Program Penanaman Jagung Hibrida yang merupakan program Kementerian Pertanian. Lahan seluas 8.000 hektar pun disiapkan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kolut, H Syamsu Ridjal mengungkapkan, para petani sudah menyiapkan lahannya untuk mengikuti penanaman jagung hibrida. “Kalau ditotal semuanya ada 8.000 hektar.

Petani setuju karena bibitnya disiapkan, ada biaya pengolahan lahan, ada traktor roda dua dan empat, alat penjemuran atau pengering, pupuk dan alat pemifil, pokoknya semua sudah disiapkan dari Kementerian Pertanian. Petani tinggal tanam,” ungkap Syamsu Ridjal.

Dari 15 kecamatan dan 133 desa/kelurahan yang ada. Kecamatan Porehu yang berada di kawasan pengunungan menjadi daerah yang paling luas area penanaman jagung hibrida. Dia merinci, dari 8.000 hektar tersebut, 5.000 hektar disiapkan untuk perkebunan dan 3.000 hektar berada tanaman pangan.

“Untuk penanaman, diperkirakan akan dilakukan pada bulan April dan Maret, saat musim penghujan,” katanya.

Syamsu menambahkan, pemasaran jagung hibrida ini juga sudah siap, dan karenanya petani tidak usah khawatir. Pemerintah melalui Badan Urusan Logistik (Bulog) sudah menjamin dan memastikan akan membeli semua hasil panen petani dengan harga yang sama, yakni Rp 3.150 per kilogram dengan kualitas yang baik.

“Saat ini petani telah menyiapkan lahannya, namun untuk bibit dan kebutuhan lain belum ada. Karena masih dalam proses tender,” ujarnya.

Syamsu mengharapkan, dengan dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) program penanaman jagung hibrida ini akan sukses. Para camat, lurah dan kades sangat diharapkan untuk berperan aktif memberikan sosialisasi pada petani dan memberikan bantuan program ini tepat sasaran. (cr11/aha)

To Top