Kebakaran Lahan di Kampus UHO Bikin Warga Panik – Berita Kota Kendari
Beranda

Kebakaran Lahan di Kampus UHO Bikin Warga Panik

Kebakaran lahan kampus UHO Kendari (Rull/BKK)

KENDARI, BKK- Kebakaran terjadi di kampus Universitas Halu Oleo (UHO), Minggu (5/2),  tepatnya di belakang Fakultas Peternakan. Peristiwa ini membuat warga sekitar menjadi panik.

Pasalnya, nyala api yang begitu besar, sementara angin bertiup kencang membuat si jago merah akan sukar dikendalikan.

“Kita kaget, karena tiba-tiba api begitu besar dan jangkauannya semakin luas. Kita ketakutan, jangan sampai asrama kita ikut terbakar juga. Jadi, kita berjaga-jaga,” kata Heni, salah seorang penghuni Asrama Bombana di Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu Kota Kendari, saat ditemui di lokasi kebakaran.

Salah satu saksi mata, Ahmed mengungkapkan, awalnya api tidak begitu besar, tapi angin yang begitu kencang di samping mudahnya rumput terbakar membuat api mengambil wilayah yang cukup luas.

“Nyala api itu awalnya dari bagian kiri arah jam 12 ketika kita menghadap ke utara, dengan nyala api yang mulai merambat dari kiri ke kanan,” tuturnya.

Dari insiden ini, sekurangnya puluhan pemadam kebakaran diterjunkan untuk menjinakkan api. Yang mana setiap sisi lahan dikawal dua mobil pemadam.

“Kita jaga di setiap sisi yang memiliki bangunan, untuk mengantisipasi lompatan api yang bisa mengakibatkan kebakaran bangunan, sambil berupaya memadamkan kobakaran api,” kata salah seorang petugas pemadam kebakaran (damkar).

Pantaun wartawan koran ini, nyala api di lokasi kejadian sangat sukar dijinakkan. Bahkan, mobil pemadam datang secara bergantian untuk mengisi tangki air.

Hal itu diakibatkan, lokasi kebakaran cukup sulit dijangkau karena ada rawa yang menjadi pemisah antara mobil kebakaran dengan titik api.

Untuk penyebab kebakaran itu sendiri belum diketahui. (cr5/iis)

To Top