Rusda: Karang Taruna Berperan Aktif Sukseskan Pilkada – Berita Kota Kendari
Suksesi

Rusda: Karang Taruna Berperan Aktif Sukseskan Pilkada

Mansiral Usman/BKK
– Bupati Rusda Mahmud saat melantik 53 Pengurus Karang Taruna Kabupaten Kolaka Utara
– Bersama Pengurus Karang Taruna usai pelantikan

LASUSUA, BKK –Bupati Kolaka Utara (Kolut), Rusda Mahmud mengharapkan karang taruna sebagai organisasi besar, harus berperan aktif dalam mensukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada)  yang akan digelar 15 Februari mendatang.

“Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan. Memiliki jaringan dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa harus bisa memposisikan diri sebagai wadah pemersatu untuk mensukseskan pesta demokrasi 5 tahun sekali ini,” tegas Rusda usai melantik 65 pengurus Karang Taruna Kabupaten, masa bakti 2015-2020 diaula Kantor Bupati, Kamis (2/2).

Menurut Rusda, pemuda harus memiliki kesadaran dan rasa tanggungjawab untuk mensukseskan Pilkada Kolut dengan memaknai arti pesta demokrasi yang harus tertanam di jiwa setiap individu pemuda.

Pesta demokrasi, lanjut Rusda, seharusnya menjadi pesta kegembiraan bagi seluruh lapisan masyarakat. Dimana, semua warga negara yang memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan dan partisipasi  namun saat ini bukan kegembiraan yang dirasakan tapi ketakutan.

“Ini menjadi tugas pemuda dalam menyampaikan pada masyarakat, untuk menggunakaan hak pilihnya untuk menyuarakan aspirasi yang akan menentukan arah masa depan daerah lima tahun ke depan. Pemuda harus berperan aktif untuk menjaga stabilitas pesta demokrasi,” jelas Rusda.

Rusda menambahkan tagline pemerintahannya kita kuat karena kita bersatu bukanlah hanya sebuah tegline yang tidak memiliki arti. Tagline ini juga merupakan miliki semua yang akan mengunakanya sebagai slogam pemersatu dan bukan hanya digunakan untuk kepentingan politik.

Ia mengharapkan, melalui wadah karang taruna, pemuda harus menjadi garda terdepan setiap perubahan bangsa dan negara. Di jaman mordernisasi dan arus globalisasi saat ini, mengharuskan setiap pemuda harus memiliki kemampuan dan kompetensi.

“Kalau pemuda tidak memiliki kemampuan dan kompetensi, maka kita akan tertinggal, menjadi penonton di negara dan daerah kita sendiri. Karang taruna harus menjadi motor pengerak setiap perubahan menuju masa depan yang lebih baik,” harap Rusda.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Kolut, Idrus Baso Malluru mengungkapkan, usai dilantik sebagai pengurus pihaknya akan melakukan konsolidasi kepengurusan di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa.

“Semua kepengurusan karang taruna di 15 kecamatan, 133 kelurahan dan desa telah terbentuk, tinggal di lakukan pengkukuhan kepengurusan,” ujar Idrus.

Idrus menambahakan, pihaknya akan mengawal pesan dan motifasi Bupati Kolut tersebut untuk mensukseskan pilkada dengan damai. Dengan begitu, diharapkan dapat melahirkan bupati baru yang memiliki visi dan misi yang cerdas, pekerja dan akan melanjutkan segala program yang telah ada. (CR11/nur).

To Top