Pemkot Gandeng PT Pos Indonesia Kelola Penyetoran PBB – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Gandeng PT Pos Indonesia Kelola Penyetoran PBB

Pemkot Bersama PT Pos Indonesia Cabang Kendari saat menggelar Rakor Pengelolaan PBB. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kendari menggandeng PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kendari untuk Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) pada 2017.
Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Alamsyah Lotunani mengatakan, pajak menjadi kewajiban setiap warga negara.

“Karena itu, tidak ada jalan lain ketika kita memiliki tanah, harus jelas statusnya dengan membayar pajak tersebut,” ujarnya, Jumat (3/2).

Dikatakan, hasil pembayaran PBB tentu digunakan untuk pembangunan.

Dijelaskan, sumber pendapatan diperoleh dari dalam, yakni pajak dan retribusi. Sedangkan pendapatan dari luar berasal dari pihak ketiga.

“Retribusi kita ambil jika sudah menggunakan jasa. Hasilnya juga kita gunakan untuk membangun. Ketika kita parkir, ya, tentu harus bayar,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Kantor PT Pos Indonesia Cabang Kendari Timmerman Ambat mengatakan, PT Pos Cabang Kendari ingin berpartisipasi aktif agar supaya keberhasilan penyetoran PBB semakin baik.

“Oleh karena itu kami menyaikan ide agar kami diikut sertakan pelayanan dan penerimaan PBB. Karena secara nasional kami sudah bekerja sama dengan 34 kabupaten dan kota. Untuk provinsi, kami sudah bekerja sama dengan Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam hal pelayanan pajak kendaraan bermotor (PKB),” katanya.

Untuk Kendari, sambung dia, sementara penjajakan, dan baru pembayaran PBB saja yang dikerjasamakan.

Nanti, menurut dia, pihaknya akan membuka pelayanan ke beberapa tempat, sehingga jika ada masyarakat yang dilayani bisa melalui rukun tetangga (RT) dan lurah.

Di lain pihak, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Kendari Hj Nahwa Umar mengatakan, semoga dengan adanya kerja sama antara Pemkot Kendari dengan PT Pos Indonesia

Cabang Kendari dapat meningkatkan capaian PBB tahun ini.

“Bila perlu mencapai di atas 100 persen. Sebab, di 2016 capaian PBB kita hanya sebesar kurang lebih 69 persen. Saya harap tahun ini capaiannya bisa di atas itu,” katanya.

Ia juga mengatakan, bagi masyarakat yang yang ingin membayar PBB bisa melalui Pos, Bank Sultra, dan Bank BRI. (cr6/iis)

To Top