Butur Gandeng TV Nasional Promosi Wisata – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Butur Gandeng TV Nasional Promosi Wisata

DARSO/BERITA KOTA KENDARI
MASUK TV. Sejumlah penari bersiap menjalani pengambilan gambar di halaman Rumah Jabatan Bupati Buton Utara, Jumat (3/2). Pemkab Butur menggandeng salah satu televisi swasta nasional untuk membantu promosi wisata budaya dan alam Butur.

BURANGA, BKK- Buton Utara tak ingin ketinggalan dalam mempromosikan potensi wisatanya. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur pun menggandeng salah satu stasiun televisi nasional, yakni Net TV, untuk menyebarluaskannya.

Beberapa kebudayaan yang dimiliki daerah yang berslogan Lipu Tinadeakono Sara ini ditampilkan untuk disyuting, dengan dipusatkan di rumah jabatan, kemarin. Misalnya, saja permainan seni tari Mekoka, Alionda, Balumpa, Lense dan sejumlah kesenian lainnya.

Bupati Butur Abu Hasan mengatakan, program promosi wisata ini merupakan bentuk komitmen yang tercantum dalam visi misi pemerintahannya untuk membangun daerah, yang salah satunya melalui pengembangan budaya dan pariwisata.

“Atas nama pemerintah daerah, saya menyambut baik kegiatan ini. Mudah-mudahan promosi budaya Kabupaten Buton Utara terus kita dorong, karena ini merupakan salah satu visi misi saya menjadi  bupati dan visi misi bersama Wakil Bupati Ramadio,” katanya.

Dia menjelaskan, Butur memiliki kebudayaan yang unik. Dan hal itu sudah diperkuat dengan pernyataan pakar kebudayaan, Kuncoro Ningrat, bahwa semua ada di Butur. Kemudian, Butur memiliki kebudayaan dalam bentuk gagasan, norma, dan nilai yang mewarnai kehidupan masyarakat dari dulu sampai sekarang.

Selain itu, kebudayaan Butur diwarnai oleh pola aktivitas dan tindakan manusia teratur yang ikut berkaitan dengan sosial yang ada. Hal itu pun ditunjang dengan terpeliharanya benda-benda atau situs bersejarah.

“Kekayaan budaya ini yang akan banyak kita promosikan bersama dengan kebudayaan bersifat non fisik. Mudah-mudahan di masa-masa akan datang, budaya Buton Utara tidak hanya pada karnaval seperti ini, tetapi menjadi kegiatan rutinitas untuk menunjukkan jati diri, identitas, dan integritas, serta menjaga nilai budaya yang menjadi warisan leluhur kita,” pungkas Abu Hasan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur, Harlin Hari mengungkapkan peliputan dari salah satu televisi nasional itu akan dirangkum berbentuk file agar siap dipromosikan keluar daerah.

“Selama empat hari pemotretan ini, dilakukan di tempat-tempat wisata alam dan wisata budaya, salah satu sinopsinya dari peliputan itu adalah wisata alam Pantai Membuku, di mana orang bisa menikmati panorama matahari terbit. Kemudian wisata budaya, salah satunya adalah tarian Balumpa dan Alionda,” paparnya.

Tarian Alionda, tarian Mekoka dan Tarian Lense, ikut ditampilkan dengan diperagakan muda-mudi sesuai aslinya, dan juga ada atraksi panca silat. Selain itu juga ada pengambilan gambar jalur pantura Kulisusu Utara yang sudah terkenal dengan wisata mangrovenya.

Sejumlah kaum hawa menampilkan beberapa tarian kebudayaan yang dimiliki oleh Butur di rujab dan dishoting langsung media nasional. (cr10/aha)

To Top