176 Mahasiswa Prodi Kesmas Stikes MW Laksanakan PBL II – Berita Kota Kendari
Pendidikan

176 Mahasiswa Prodi Kesmas Stikes MW Laksanakan PBL II

Foto Suasanan Penerimaan Mahasiswa Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II

KENDARI, BKK – Dalam menciptakan mahasiswa yang berkompoten di bidangnya, Program Studi (Prodi) Kesahatan Masyarakat (Kesmas) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mandala Waluya (Stikes MW) Kendari terus mendorong kompetensi mahasiswanya.  Salah satunya dengan melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL).

Baru-baru ini, sebanyak 176 mahasiswa Prodi Kesmas di kampus tersebut secara resmi dilepas untuk mengikuti program PBL II  di Kecamatan Amonggedo, Kabupaten Konawe. Mereka disebar di 13 desa/kelurahan.

“PBL ini berlangsung 10 hari. Program ini bertujuan  untuk melakukan pembangunan sarana fisik serta  melakukan peyuluhan kesehatan,” terang Ketua  Prodi Kesmas Stikes MW, La Djabo saat ditemui, Rabu (1/2).

La Djabo mengatakan, sebelumnya mahasiswa tersebut  telah melaksanakan PBL I di lokasi yang sama dengan melakukan tahap peninjauan lokasi dan menyimpulkan permasalahan yang ada di desa/ kelurahan.

Di PBL ke II ini, barulah mahasiswa terjun langsung ke lapangan untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang ada.

Di lokasinya masing-masing, lanjut La Djabo, mahasiswa akan membangun berbagai bangunan  sarana fisik dan non fisik. Tergantung  kondisi permasalahan yang ada di tempatnya masing-masing.  Seperti membangun MCK leluarga, membangun tempat sampah dan  membangun sarana pembuangan limbah.

Selain itu, ada penyuluhan non fisik adalah semua yang  aspek kesehatan, sesuai dengan permasalahan yang ada di masyarakat.

“Program ini selain membantu masyarakat, juga membantu pemerintah melalui puskesmas untuk meningkatkan kesehatan masyarakat,” ungkapnya.

Dia berharap, melalui PBL mahasiswa mampu bekerja sama dengan masyarakat untuk berkolaborasi dalam membangun sarana prasarana dan meningkatkan penyuluhan yang sudah disepakati pada saat PBL  I.

“Semoga mahasiswa bisa melaksanakan dengan baik.  Kami sudah membuat panduan pelaksanaannya yang muda-mudahan diikuti dengan baik dan berjalan dengan lancar,” tandasnya. (p12/nur)

To Top