Pj Bupati Buton Pastikan PNS Tak Terlibat Politik Praktis – Berita Kota Kendari
Suksesi

Pj Bupati Buton Pastikan PNS Tak Terlibat Politik Praktis

Ilustrasi

PASARWAJO, BKK – Pj Bupati Kabupaten Buton, Efendi Kaimudin menegaskan, Pegawai Negeri Sipil (PNS) di wilayah pemerintahannya itu tidak ada yang boleh terlibat langsung dalam politik praktis. Jika ada yang terbukti melanggar larangan tersebut, maka yang bersangkutan akan diberi sanksi tegas, bahkan hingga pemecatan.

“Sampai hari ini Alhamdulillah belum ada laporan kepada saya mengenai PNS yang terlibat politik pratis,” tuturnya ketika ditemui usai menghadiri debat publik Pilkada Buton, Kamis (2/2).

Untuk memastikan itu, dirinya selalu turun langsung ke setiap dinasnya dan menyampaikan PNS harus dalam posisi netral mengehadapi momen pilkada yang kini tengah berjalan. Sebelum menghadiri debat, ia juga sudah mengumpulkan para camat dan kepala desa dan mensosialisasikan untuk tetap netral. Apalagi dalam PP 53 tentang netralitas PNS jelas sanksinya.

Ia mengaku siap memberikan sanksi tegas jika ada PNSnya yang kedapatan ikut-ikutan mempengaruhi masyarakat untuk memilih pasangan calon. Prosedurnya, memberikan teguran pertama hingga ketiga. Jika masih saja melakukan dan aktif mempengaruhi masyarakat di lapangan, bisa dilakukan pemecatan.

“Kalau terbukti misal dia ke lapangan dan mempengaruhi harus memilih pasangan calon, ya itu sudah pelanggaran,” katanya. (k2/nur)

To Top