Kejati Segera Kirim Rizal Fachreza dan Made Susastra ke Pengadilan Tipikor – Berita Kota Kendari
Beranda

Kejati Segera Kirim Rizal Fachreza dan Made Susastra ke Pengadilan Tipikor

KENDARI, BKK- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah merampungkan berkas dua tersangka dugaan kasus manipulasi data hasil produksi emas 2010-2011 PT Panca Logam Makmur (PLM), yaitu Rizal Fachreza dan Made Susastra.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) dan Humas Kejati Sultra Janes Mamangkey SH ditemui di ruang kerjanya menyebutkan, Selasa (17/1), dengan demikian pihaknya siap melimpahkan kasus ini ke Pengadilan Tipikor Kendari untuk disidangkan.

Kata dia, pelimpahannya akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kalau bukan minggu ini kita limpahkan berarti minggu depan. Yang pasti, itu akan segera kita lakukan,” jelasnya.

Janes menambahkan, sebenarnya pelimpahan berkas dua tersangka ini direncanakan sejak Oktober, namun saat itu kedua tersangka melakukan praperadilan atas penetapan dan penahanannya, sehingga proses itu ikut terhenti.

“Kalau saat itu kedua tersangka ini tidak melakukan praperadilan, pasti berkasnya sudah kita limpahkan ke pengadilan. Tapi, itu tidak masalah karena semua bagian dari proses hukum,” bebernya.

Berkait kasus dugaan penunggakan pembayaran royalti PT Panca Logam Makmur (PLM) yang melibatkan Kepala Biro Administrasi Keuangan PT PLM Fachlawi Mujur, menurut dia, jaksa masih melakukan pemeriksaan saksi.

“Untuk tersangka Fachlawi Mujur kita masih lakukan pemeriksaan saksi, untuk melengkapi data atas bukti yang telah ada akan keterlibatan Fachlawi Mujur,” bebernya.

Diketahui, praperadilan Rizal Fachreza dan Made Susastra oleh pengadilan dinyatakan kalah.

Kasus ini mengindikasikan PT PLM melakukan dua pelanggaran hukum sekaligus, yakni ditahun 2010-2011 melakukan pemalsuan data hasil produksi emas yang mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp 12 miliar, dan pada 2012-2015 PT PLM tidak menyetorkan PNBP (Pendapatan Negara Bukan Pajak) yang mengakibatkan negara mengalami kerugian Rp 9 miliar. (Cr5/iis)

To Top