Kebun Raya UHO Koleksi Anggrek Endemik Sulawesi – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Kebun Raya UHO Koleksi Anggrek Endemik Sulawesi

Kepala UPT Kebun Raya UHO. Prof Dr Ir H Gusti Ray Sadimantara M Agr

KENDARI, BKK- Universitas Halu Oleo (UHO) merupakan satu-satunya perguruan di Indonesia yang mendapatkan predikat Green Campus sejak 1995 karena
komitmennya kuat terhadap kelestarian lingkungan.

Sejauh ini pun, berbagai upaya konservasi kebun raya  terus diupayakan. Salah satunya  dengan mengembangkan koleksi tanaman anggrek endemik Sulawesi.

Kepala UPT( Unit Pelaksana Teknis) Kebun Raya UHO, Prof Dr  Ir H  Gusti Ray Sadimantara M Agr mengatakan, eksplorasi tanaman anggrek dilaksanakan  Nopember sampai Desember 2016 di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW)  yang terletak di Kabupaten Bombana dan Konawe Selatan.

Selanjutnya di kawasan suaka margasatwa Tanjung Peropa, Tanjung Batikolo dan Amolengo di Kabupaten Konawe Selatan, serta hutan di Kepulaun Wawonii, Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Populasi  yang terdapat di beberapa daerah tersebut mencapai 2003 dan 71 spesies yang ditemukan dan itu menjadi koleksi Kebun Raya UHO,” ujar Prof Gusti, Kamis (2/2).

Dengan adanya kebun raya UHO ini,  ia berharap dapat menjadi ciri khas yang dapat dibanggakan dan menjadi daya tarik tersendiri. Mahasiswa juga dapat belajar dan meneliti di kebun raya tersebut.

Ia membeberkan, tujuan dibangunnya Kebun Raya UHO yakni agar dapat mengoleksi berbagai spesies anggrek endemik Sultra dan dapat membangun penakaran anggrek Sulawesi.

“Kami berharap keberadaan kebun raya ini dapat meningkatkan pengetahuan pegawai, mahasiswa UHO dan masyarakat umum tentang cara eksplorasi dan koleksi tanaman yang baik sesuai
standar kebun raya,” tandasnya. (p12/nur)

To Top