Cengkeh, Durian dan Kakao Gagal Panen – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Cengkeh, Durian dan Kakao Gagal Panen

KOLAKA, BKK- Masyarakat di Kecamatan Wolo tengah dirundung masalah berat. Komoditi hasil bumi yang selama ini menjadi andalan mereka, seperti cengkeh, durian dan kakao, kebanyakan gagal panen.

Camat Wolo, Abdi Arief menyatakan, gagal panen kali ini banyak memukul para petani dan kalangan usaha yang terlibat. Dia pun khawatir kegagalan panen ini akan berdampak pada perekonomian di Wolo.

Hal tersebut diungkapkan Abdi di hadapan Bupati Kolaka H Ahmad Safei dan Wakil Bupati HM Jayadin, saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di Kecamatan Wolo, Kamis (2/2). “Situasi ini menjadi perhatian serius dari desa-desa. Jadi kita sudah menggelar rapat dan semoga nanti ada solusinya,” kata Abdi.

Sementara Bupati Kolaka Ahmad Safei mengungkapkan kerisauan masyarakat Wolo akan menjadi atensinya. Dia pun berharap pemerintah kecamatan agar memprioritaskan hal tersebut untuk segera ditindaklanjuti.

Terkait dengan Musrembang, bupati berharap agar masyarakat benar-benar mengusulkan kebutuhan prioritas yang menyangkut kepentingan banyak orang. Dia juga menjamin bahwa usulan yang masuk dari tingkat desa, akan dikawal hingga pembahasan anggaran di DPRD.

“Jadi diharapkan tidak ada lagi usulan-usulan yang masuk, tidak melalui hasil musyawarah di tingkat desa,” harap Bupati.

Sebelum menggelar pertemuan, bupati dan rombongan meninjau kondisi jembatan Labuang Bajo yang  berukuran 2 x 50 meter, yang hanyut akibat banjir  yang terjadi Kamis pekan lalu. (cr3/aha)

To Top