Soal Sampah, Kepala BLH Hut Singgung Camat dan Lurah – Berita Kota Kendari
Beranda

Soal Sampah, Kepala BLH Hut Singgung Camat dan Lurah


KENDARI, BKK – Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLH Hut) Kota Kendari Tin Farida meminta lurah dan camat mengajari masyarakatnya tertib membuang sampah.

Menurut Tin Farida, pihaknya tidak henti-hentinya memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tertib membuang sampah.

Selain itu, ia juga memberi pengetahuan kepada masyarakat berupa pelatihan tentang pemanfaatan sampah.

Ia berharap, dengan itu masyarakat bisa mengubah perilaku masyarakat, yang tadinya membuang sampah di sungai sekarang bisa memanfatkan sampah.

“Jadi kami setiap ada kesempatan, kita melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Akan tetapi itu bukan saja tugas kami, melainkan juga menjadi pokok perhatian seperti lurah dan camat. Kami harapkan kepada lurah dan camat bisa menyampaikan kepada masyarakatnya. Apa lagi lurah dan camat merupakan ujung tombak pemerintahan,” ujarnya, Rabu (1/1).

Kata dia, secara berkala ada petugas yang diturunkan untuk melakukan pengerukan di saluran air, utamanya di laut, sungan, dan kali.

Olehnya itu, lanjutnya, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan organisasi lain maupun lembaga lain, untuk melakukan kerja bakti.

“Tapi yang rutin dilakukan adalah masalah kali, karena memang itu menjadi tugas kami. Jika sendimennya sudah tinggi, kita selalu melakukan pengerukan, itu pun kita sesuaikan dengan kondisi atau wilayah kali tersebut,” paparnya.

“Apakah di lokasi itu ada akses untuk alat berat. Sebab, jika kali diangkat secara manual, sendimennya cukup berat. Maka kita selalu menggunakan alat berat untuk membersihkan sendimennya.”

Yang pasti, lanjut dia, jika ada alat berat, pihaknya selalu melakukan pembersihan atau pengerukan kali.
Ia menyebutkan, kali yang sering dilakukan pengerukan adalah kali Benubenua. (cr6/iis)

To Top