Ratusan Knalpot Racing, Diamanakan Satlantas Kolut – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Ratusan Knalpot Racing, Diamanakan Satlantas Kolut

Yonatan menunjukkan ratusan knalpot racing yang akan dimusnakan. (Luis/BKK)

LASUSUA, BKK – Ratusan knalpot racing atau knalpot bogar dari berbagai jenis diamankan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Kolaka Utara (Kolut).

Tindakan represif ini dilakukan lantaran tindakan preventif berupa teguran dan peringatan telah berulangkali dilakukan, sama sekali tindak diindahkan oleh para pengendara bermotor yang kebanyakan masih remaja.

Setelah ratusan motor diamankan, masing-masing pemilik kendaraan diminta untuk memisahkan sendiri knalpot racing dari motornya.

Setelah itu, knalpot yang berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah tersebut langsung dimusnakan.

Kepala Satlantas (Kasatlantas) Polres Kolut Inspektur Polisi Satu (Iptu) Yonathan mengungkapkan, kasus ini merupakan hasil operasi yang dilakukan sejak Operasi Zebra 2016 lalu.

“Jumlah persisnya belum diketahui. Yang pasti, jumlahnya sudah lebih seratus, dan ada yang harganya bernilai Rp 3,5 juta,” jelasnya.

Di sisi lain, lanjut dia, penggunaan knalpot racing di Kolut sudah berdampak pada perkelahian yang terjadi di Desa Batu Ganda beberapa waktu lalu.

Salah satu pengendara yang masih remaja membuka gas sehingga membuat bising warga sekitar.

Yonathan mengimbau, pemilik kendaraan tetap menggunakan knalpot standar perusahaan, agar tidak mengganggu kenyamanan masyarakat luas.

“Terutama anak-anak yang beranjak dewasa, karena ini digunakan untuk balapan liar,” ungkapnya. (k6/iis)

To Top