Polisi Tangkap Dua Curanmor Amatiran di Lasusua – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polisi Tangkap Dua Curanmor Amatiran di Lasusua

LASUSUA, BKK- Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Kolaka Utara (Kolut), Selasa (31/1), mengamankan 2 orang yang diduga pelaku pencurian motor (curanmor).

Pelaku berinisial Ik (17) dan Ir (20) warga Desa Patowunua diserahkan pihak keluarga secara sadar, setelah sebelumnya pihak Satreskrim melakukan pendekatan pada keluarga tersangka.

Meski diserahkan pihak keluarga, salah satu tersangka, Ir (20), mencoba kabur sehingga aparat kepolisian melumpuhkanya dengan tima panas.

Kepala Satreskrim Polres Kolut Inspektur Polisi Satu (Iptu) Indah Puspasari mengungkapkan, Ik (17) masih berstatus sebagai pelajar dan Ir (20) bersatus sebagai pengganguran.

Kedua tersangka diketahui telah mencuri sebuah motor pada Senin (30/1).

“Kedua tersangka yang masih sepupu ini diketahui telah mencuri sebuah motor matic milik Hamriani Indri yang diparkir di depan rumah di Desa Ponggiha,” terang Indah, Rabu (1/2).

Disebutkan, motor DT 3293 BJ yang diambil di depan rumah pelapor.

Dari keterangan kedua tersangka, baru sekali ini melakukan pencurian motor dengan cara menusukkan jarum pada kabel stater motor, yang terbilang amatiran.

“Setelah melakukan pengembangan, diketahui motor tersebut dikendarai kedua pelaku. Polisi yang telah mengetahui identitas kedua pelaku bergerak melakukan pengejaran, namun kedua pelaku sempat melarikan diri, sehingga anggota melakukan pendekatan pada pihak keluarga, dan Selasa (31/1) pelaku diserahkan,” paparnya.

Mantan Kapolsek Ranometo ini menambahkan, dari hasil penyelidikan, perbuatan pelaku masih terbilang amatiran, dilihat dari cara mengambil motor.

Meski demikian, sambung dia, pihaknya akan terus mengembangakan kasus ini kalau-kalau ada pelaku lain atau kelompok di baliknya, mengingat pada dua bulan ini kasus pencurian motor di Kolut meningkat.

“Dari keterangan pelaku, motor hasil curian tersebut akan dijual di Kolaka, namun karena tidak ada yang berminat sehingga motor tersebut dibawa kembali di Lasusua,” ungkapnya.

Pelaku sudah ditahan dan akan dikenakan pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian.

“Dimohon pada warga masyarakat Kolut yang memiliki kendaraan untuk mengamankan kendaraanya, dengan memasukkan kendaraannya ke dalam rumah,” pinta wanita berjilbab ini. (k6/iis)

To Top