Kenaikan Pajak Kendaraan Picu Inflasi – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Kenaikan Pajak Kendaraan Picu Inflasi

FAISAL/BKK
Atqo Murdiyanto

KENDARI, BKK- Di awal tahun ini, pergerakan harga atau inflasi di Kota Kendari tercatat mengalami kenaikan. Pemicunya pun bermacam-macam. Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), kenaikan pajak kendaraan, pencabutan subsidi BBM serta kenaikan tarif dasar listrik yang menjadi pemicu utamanya.

“Kenaikan harga administrasi pajak kendaraan, listrik dan bahan bakar merupakan yang paling tinggi kontribusinya terhadap inflasi,” kata Kepala BPS Sultra, Atqo Murdiyanto dalam keterangan resminya di ruang Video Conference di gedung BPS Sultra, Rabu (1/2).

Selain itu, inflasi yang terjadi di Kendari juga disebabkan naiknya indeks harga pada kelompok bahan makanan, yaitu pada komoditas ikan dan cabe rawit. Seperti diketahui, cuaca buruk membuat harga ikan melambung. Sementara kenaikan harga cabe dikarenakan psikologi pasar yang berantai.

Selanjutnya, yang juga mengalami kenaikan harga adalah pada kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,32 persen dan pada kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,08 persen.

Meski demikian, inflasi Kota Kendari sepanjang Januari 2017 hanya tercatat 0,88 persen, mengalami sedikit kenaikan dibanding Desember 2016 sebesar 0,13 persen.

Adapun kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan harga yaitu terjadi pada kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga yaitu sebesar -0,01 persen per Januari tahun kalender.

“Sementara untuk kelompok pengeluaran sandang, itu tidak ada pergerakan harga atau 0,00 persen,” tuturnya. (p11/aha)

To Top