BPJS Kesehatan Launching Fitur Mobile Screening – Berita Kota Kendari
Beranda

BPJS Kesehatan Launching Fitur Mobile Screening

Dr Algazali.

KENDARI, BKK-  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan meluncurkan fitur mobile screening pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Kendari, Rabu (1/2).

Kepala Unit Hukum Komunikasi Publik dan Kepatuhan pada BPJS Sultra Imran Molono mengatakan, mobile screening merupakan penambahan fitur di aplikasi BPJS Kesehatan mobile.

Sebelumnya, peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hanya dapat melakukan screening riwayat kesehatan secara manual, di kantor cabang BPJS Kesehatan atau mitra BPJS Kesehatan.

Sekarang, jelas dia, peserta sudah bisa melihat potensi risiko penyakit,  cukup dengan melakukan screening riwayat kesehatan menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, yang bisa diakses di handphone.

Fitur  ini dapat diunduh di Google Play Store, kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan.

“Setelah terdaftar dan mengklik tombol login, peserta dapat memilih menu screening riwayat kesehatan dan peserta akan diminta mengisi 47 pertanyaan tentang kebiasaan dan  aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit yang pernah diidap oleh keluarga, pola makan. Setelah pertanyaan telah diisi semua, maka akan memperoleh hasil screening kesehatan saat itu juga,” urai Imran Molono.

Ia menambahkan, dengan diluncurkannya fitur screening riwayat kesehatan yang praktis ini, pihak BPJS  berharap aplikasi itu dapat dinikmati masyarakat dan merasakan kegunaannya.

“Validitas alat tersebut mencapai 90 persen, dengan catatan, riwayat kesehatannya diisi dengan benar,” ujarnya.

Ia juga berharap, peserta JKN-KIS dapat beralih ke pemeriksaan riwayat kesehatannya menggunakan aplikasi ini, guna mengetahui penyakit lebih awal, sehingga penderita penyakit kronis dapat menurun.

Selain menu screening riwayat kesehatan, aplikasi BPJS Kesehatan Mobile juga menyediakan menu lain yang dapat digunakan peserta JKN-KIS untuk mengecek status kepesertaan, melihat tagihan iuran JKN-KIS, dan melihat lokasi kesehatan, dan sebagainya,” tutupnya. (p12-p11/iis)

To Top