Baru Kelar, Pasar Sentral Palangga Tidak Layak Pakai – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Baru Kelar, Pasar Sentral Palangga Tidak Layak Pakai

Camat Jalil didampingi Kapolsek Palangga Iptu Muchlis saat mengecek bangunan proyek APBN 2015.

Andoolo, BKK– Camat Palangga Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Jalil SSos MKes menyatakan kondisi Pasar Sentral Palangga yang terletak di Desa Wawonggura Kecamatan Palangga yang dibangun melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 sangat tidak layak untuk digunakan.

Pasalnya, ungkap dia, bangunan pasar yang menghabiskan miliaran rupiah itu tidak menyediakan fasilitas yang dibutuhkan pedagang, sesuai perencanaan awal.

“Lihat saja fasilitas yang direncanakan seperti fasilitas air, CC Tv (closed circuit television), dan masih banyak lagi, itu sama sekali tidak terlihat,” bebernya.

Tidak hanya itu, lanjut Jalil, pasar itu sudah ditinggalkan para pedagang disebabkan fasilitas jalan yang terkesan dikerja asal-asalan.

“Bagaimana pedagang mau berjualan, fasilitas penting seperti jalan yang mestinya harus diutamakan, sama sekali tidak layak dilalui,” terangnya.

Menurutnya, pembangunan pasar yang ditangani oleh pejabat pemerintah kecamatan sebelumnya, seharusnya direncanakan secara matang, dengan memperhatikan fasilitas yang harus diutamakan, seperti, akses jalan yang nantinya akan dilalui para pedagang untuk bongkar muat barang dan para pembeli untuk membeli barang dagangan.

“Lihat saja jalannya kalau terkena hujan pasti berlumpur, tidak bisa dilalui kendaraan, dan juga tidak ada jalur jalan untuk tempat berputar mobil para pedagang,” sebutnya.

Tidak hanya itu, kata Jalil, kondisi bangunan pasar saat ini terlihat kumuh disebabkan beberapa bagian tembok gedung seperti kios dan los tampak pecah, dan beberapa selokan terlihat retak.

“Ini kentara dikerja asal-asalan. Belum digunakan sudah pecah dan retak,” keluhnya.

Jalil berpendapat, untuk menghasilkan pembangunan yang baik harus didukung oleh kontraktor yang bisa bekerja profesional, mengerjakan sesuai perencanaan awal bangunan. (k8/iis)

To Top