SMKN 1 Kendari Adakan Laboratorium Standar Nasional – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMKN 1 Kendari Adakan Laboratorium Standar Nasional

Kepala Sekolah SMKN 1 Kendari, Ali Koua

KENDARI, BKK-  Dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi di dalam menghadapi tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), sekolah berupaya menciptakan siswa yang berkompoten di bidangnya. Tidak terkecuali SMKN 1 Kendari.

SMKN 1 Kendari terus berupaya memaksimalkan peralatan praktek siswa, salah satunya dengan mengupayakan adanya laboratorium jurusan perkantoran dan pemasaran berstandar nasional.

Kepala SMKN 1 Kendari, Ali Koua mengatakan, pihaknya terus berupaya  mengadakan laboratorium  yang dibutuhkan siswa yang berstandar nasional. Fasilitas ini akan dimanfaatkan  untuk mendukung minat dan bakat siswa , serta untuk pelatihan kompetensi tingkat nasional.

“Standar yang kami terapkan di sini adalah standar Hypermart dan Lippo, sehingga di dalam aplikasi di lapangan anak didik kami tidak hanya melihat dan memegang akan  tetapi dapat  mengoperasikan dan menjalankan sesuai fungsinya,” terang Ali saat ditemui, Senin (30/1).

Peralatan untuk perlengkapan laboratorium itu, lanjutnya, disesuaikan dengan anggaran yang ditetapkan pemerintah dan perlengkapannya sesuai standar nasional. Saat ini,  peralatan yang dimiliki SMKN 1 Kendari baru dapat melayani 20 siswa sekali praktek kerja. Untuk pengoperasiannya, saat ini masih menunggu penambahan daya listrik guna memperlancar praktek siswa.

“Saat ini kami sedang mengupayakan penambahan daya listrik guna mengoptimalkan alat praktek yang sudah diadakan. Kami sudah memohon kepada PLN terkait hal ini semoga cepat ditanggapi karena setelah daya listrik ditambah, maka kami akan meresmikan alat laboratorium dan segera digunakan,” tuturnya.

Ali membeberkan, untuk ruang praktek perkantoran dan pemasaran  di sekolahnya itu, juga sudah didesain lebih modern.

“Kami sudah menyiapkan koneksi internet dan ke depannya kami akan menjalankan bisnis online karena hal tersebut sudah menjadi bagian dari model pembelajaran kami ke depannaya,” tandasnya.

Pengadaan sejumlah sarana dan prasarana belajar itu, tambahnya, semata-mata sebagai upaya menciptakan lulusan siswa terbaik  yang dibutuhkan di dunia kerja dan dapat bersaing di tengah masyarakat. (p12/nur)

To Top