Hari Ini Insani dan Rahmatnya Berdebat – Berita Kota Kendari
Headline

Hari Ini Insani dan Rahmatnya Berdebat

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menjadwalkan, Rabu (1/2) hari ini akan digelar debat publik calon bupati dan wakil bupati Mubar  yang bertarung dalam pilkada serentak, 15 Februari 2017 mendatang.

Komisioner KPU Mubar, Awaluddin Usa menjellaskan, dua pasang calon yang sudah terdaftar dipastikan mengikuti debat, yakni paslon nomor urut satu Muh Ikhsan Ridwan ST – Drs La Nika MSi dan paslon nomor urut dua, Drs LM Rajiun Tumada MSi – Drs   Achmad Lamani MSi (Rahmatnya Mubar).

Menurut Awal debat akan digelar di Aula Kantor Bupati Mubar, selama 120 menit mulai berlangsung sekitar pukul  10.00 hingga 12.00 Wita.

“Acara debat akan disiarkan secara langsung oleh TVRI, sehingga masyarakat Mubar dapat menontonnya secara langsung pada saat debat. Tidak perlu ke kantor bupati, karena ruangan sangat terbatas kapasitasnya,” kata Awal dalam perbincangannya dengan jurnalis koran ini di Kendari, Minggu (29/1).

Awal menyebutkan, kapasitas ruangan Aula Kantor Bupatu Mubar sebenarnya bisa sampai 300 orang, tapi setelah dilakukan penataan ruangan, kapasitasnya tinggal 100 orang. Sehingga, peserta yang diperbolehkan masuk sangat terbatas.

Dia menyebutkan undangan yang akan hadir yakni Muspida, Panwaslu, dari KPU Sultra, tokoh masyarakat, tokoh agama, perempuan dan pemuda. Sedangkan dari tim paslon, KPU hanya memberikan undangan sebanyak 30 orang per paslon.

Untuk membantu tim dan relawan dari masing-masing paslon, TVRI bersama Event Organizer memasang TV layar lebar di posko induk masing-masing paslon. “Agar mereka bisa nonton bareng. Mungkin paslon nomor urrut 1 di Barangka, sedangkan nomor urut dua di Kambara,” kata mantan jurnalis Kendari Pos ini.

Jalan debat akan dipandu guru besar ilmu ekonomi pertanian Universitas Halu Oleo (UHO) Prof Dr Ir Azhar Bafadal MSi. KPU Mubar memilih guru besar ini karena sudah berpengalaman dalam menjadi moderator debat calon kepala daerah.

Mengenai materi debat sesuai dengan arahan dari KPU Pusat dan Provinsi Sultra, ada delapan tema, yakni, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, dan menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten dan provinsi dengan nasional.

Lalu tema berikutnya, memperkokoh negara kesatuan RI dan Kebangsaan, pemberantasan narkoba, dan perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan. “Selain memaparkan visi, misi, dan programnya, masing-masing paslon juga akan berdebat dengan delapan tema ini, yang pertanyaannya telah disusun para panelis,” ujarnya.

Terkait isu keamanan,  menurut Awal, KPU Mubar terus berkoordinasi dengan Polres Muna agar mengamankan jalannya debat publik.

“Kami berharap masing-masing paslon dapat mentaati peraturan yang telah diatur dalam PKPU tentang kampanye. Kami juga berharap agar masing-masing paslon bisa memberikan arahannya kepada tim dan relawannya untuk bisa menjaga suasana tetap kondusif,” harap Awal.

Rahmatnya Siap Paslon nomor urut dua Rahmatnya Mubar melalui juru bicaranya, La Ode Rahmat Apiti menegaskan, paslon nomor urut dua sudah siap mengikuti debat.

Menurut Rahmat, paslon Rahmatnya tidak melakukan persiapan khususnya dalam menghadapi debat, karena LM Rajiun dan Achmad Lamani telah siap lahir batin maju sebagai calon bupati dan wakil bupati.

“Paling kami hanya berdiskusi dan melakukan simulasi dalam menghadapi debat, tidak ada yang lebih. Karena memang calon kami sejak dari awal telah mempersiapkan diri,” katanya.

Menurut Rahmat, paslon Rahmatnya, dalam debat nanti selain memaparkan program-program yang telah dilakukan saat menjadi Pj juga tentu akan memaparkan visi, misi, dan program lima tahun ke depan sebagai kelanjutan dari apa yang telah diperbuat LM Rajiun  selama menjadi Pj bupati.

“Selama menjadi Pj kan beliau telah menghasilkan program yang bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Dan program yang telah berjalan itu dirancang untuk jangka panjang. Makanya kami mengangkat tagline “Pelompor Pembangunan Mubar”,” kata Rahmat melalui telepon selulernya dari Kambara, Selasa (31/1). (Lex)

To Top