Gagasannya Tak Ada yang Baru – Berita Kota Kendari
Headline

Gagasannya Tak Ada yang Baru

Eka Suaib

Pengamat politik dari Universitas Halu Oleo (UHO), Dr Eka Suaib MSi menilai secara keseluruhan proses debat tahap dua menunjukan perkembangan dalam proses debat. Tapi dari gagasan dan program yang dilontarkan para paslon tak ada yang baru.

“Dari segi isu dan gagasan nyaris tak ada yang baru dari semua paslon, dan perbedaan dari gagasan yang dilontarkan tidak signifikan. Bahkan diantara paslon saling melengkapi,” kata Eka Suaib melalui telepon selulernya mengomentari proses debat Cawali, Selasa (31/1).

Namun dari proses debat, menurut Eka, mulai menunjukan ada perbedaan dari masing-masing paslon. Misalnya, paslon nomor satu (Rasak-Haris) menunjukan berpengalaman, paslon nomor dua (ADP-Sultra), muda dan baru, serta paslon nomor tiga (Zayat – Syahriah) memberikan solusi.

Melalui proses debat ini, dalam mempengaruhi pemilih dalam menentukan pilihannya, menurut Eka tak akan signifikan. Baik itu kelompok yang belum menentukan pilihannya, maupun pemilih yang akan mengalihkan dukungannya.

“Saya pikir sulit untuk mengukur apakah dengan debat ini bisa mempengaruhi pilihan pemilih. Tidak signifikan, baik itu kelompok pemilih yang belum menentukan pilihannya maupun pemilih yang akan beralih pilihannya,” katanya.

Namun demikian, proses debat bisa mempengaruhi partisipasi pemilih, karena dengan proses debat ikut memeriahkan keterlibatan pemilih melalui media sosial. “Kalau kita  lihat di facebook, banyak sekali yang membuat status dan berkomentar soal debat. Ini paling tidak akan meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya. (m2/lex)

To Top