Lingkar Sultra

2 OPD di Butur Masih Dijabat Pelaksana Tugas

BURANGA, BKK– Sebanyak 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) masih dipimpin pelaksanaan tugas sementara (Plt). Pejabat yang bakal mengisi kekosongan itu, diharuskan mengikuti lelang jabatan.

Rencanannya pelaksanaan lelang tersebut, mulai dilakukan pada bulan Februari ini. Dengan demikian, siapapun PNS yang telah memenuhi syarat untuk menduduki jabatan eselon II ini, diharapkan untuk menyiapkan diri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Butur, La Ode Baharuddin mengungkapkan, organisasi perangkat daerah yang  masih diisi pelaksana tugas sementara, khususnya eselon II, bakal dilelang untuk menghasilkan pejabat definitif. Pelaksanaan lelang tersebut, tinggal menunggu lampu hijau dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kami sudah melapor ke KASN. Tinggal menunggu rekomendasi yang dikeluarkan, dan dipastikan semua proses pada bulan Februari ini,” ungkap Baharuddin ditemui di Ereke, Selasa (31/1).

Instansi yang kini masih kosong tersebut kebanyakan dijabat pelaksana tugas yang sekaligus menjabat sekretaris di dinas tersebut. Mereka ini berpeluang didefenitifkan, tetapi tetap harus melewati tahapan seleksi. Pasalnya, sesuai aturan, promosi pejabat eselon III untuk naik eselon II, harus melalui lelang jabatan.

Meskipun demikian, tidak semua jabatan eselon II dilelang, karena sebagian sudah terisi dengan pejabat lama. Mereka pun sudah dilantik beberapa waktu lalu, baik dikukuhkan pada posisinya maupun dimutasi.

“Melalui lelang ini, diharapkan nanti betul-betul mendapatkan pejabat yang berkualitas,” pungkas Baharuddin.

Dijelaskannya, lelang jabatan nantinya bakal menggunakan panitia seleksi kabupaten dan panitia seleksi nasional (Pansel) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pada seleksi tersebut, tahapannya akan dilakukan seleksi tertulis, wawancara secara ketat untuk menghasilkan pejabat yang berkualitas.

“Sambil menunggu rekomendasi KASN. Panitia seleksi lelang jabatan kabupaten sudah bisa membuka pendaftaran, dan melakukan pengumuman berkas yang memenuhi krekteria berdasarkan regulasi yang ada. Kalau sudah rekomendasi, maka akan dilakukan assessment kepada para peserta,” jelas mantan kepala Dinas Kehutanan Butur ini.

Adapun jabatan eselon II yang akan dilelang tersebut yakni Kepala Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan, dan Dinas  Kebersihan, dan beberapa dinas lainnya. (k5/aha)

To Top