Paslon Dilarang Menyerang Pribadi # Malam Ini, Cawali Kembali Adu Debat – Berita Kota Kendari
Headline

Paslon Dilarang Menyerang Pribadi # Malam Ini, Cawali Kembali Adu Debat

Data Pelaksanaan Debat Cawali Kota Kendari:

Moderator: Widya Saputra (Presenter Metro TV)
Tema Debat:
– Komitmen menyelesaikan persoalan daerah
– Menyelaraskan program pembangunan Kota Kendari dan Provinsi
– Memperkokoh persatuan NKRI dan kebangsaan

Debat digelar dalam lima segmen
– Segmem pertama penyampaian visi misi dan menjawab pertanyaan panelis
– Segmen kedua moderator mempertajam visi misi paslon
– Segmen ketiga dan keempat saling memberikan pertanyaan
– segmen kelima paslon menyampaikan komitmen tidak berpolitik uang

Ade Suerani
Komisioner KPU Kota Kendari

 

 

“Kami harapkan, kepada paslon dalam pelaksaan debat berlangsung tidak melanggar ketentuan larangan kampanye dan tidak saling menjatuhkan terutama menyerang secara pribadi atau pembunuhan karakter. Kita lebih kepada masyarakat untuk bisa menilai bagaimana paslon ke depannya”

 

 

 

 

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari telah siap melakukan debat jilid II Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Kendari malam ini, Selasa (31/1), pukul 20.00 Wita yang akan disiarkan secara langsung (live) melalui stasiun MetroTV.

Dalam debat yang akan berlangsung selama 90 menit ini, setiap Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari dilarang untuk saling menyerang secara pribadi dengan niatan untuk saling menjatuhkan atau upaya pembunuhan karankter sesama paslon. Dengan begitu, tahapan pilwali tersebut dapat berjalan dengan tenang dan sukses.

“Kami harapkan, kepada paslon dalam pelaksaan debat berlangsung tidak melanggar ketentuan larangan kampanye dan tidak saling menjatuhkan terutama menyerang secara pribadi atau pembunuhan karakter. Kita lebih kepada masyarakat untuk bisa menilai bagaimana paslon ke depannya,” kata Komisioner KPU Kota Kendari Divisi Hukum dan Pengawasan, Ade Suerani  saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (30/1).

Dikatakannya, untuk mensukseskan debat yang menggunakan lima segmen itu, KPU Kota Kendari telah mempersiapkan dan merancang secara keseluruhan baik itu konsep debat maupun hal-hal teknis lainnya. Terutama mengenai peserta undangan tetap pada posisi 700 orang seperti debat putaran pertama lalu.

“Masing-masing tim pendukung paslon yang diperbolehkan masuk 120 per paslon. Jadi secara keseluruhan sebanyak 360 tim pendukung dari paslon ditambah penyelenggara pemilu serta pihak tamu undangan. Sementara untuk materi debat telah buat oleh tim panelis dan soal yang dibuat itu sebanyak sembilan soal, diperuntukkan untuk setiap paslon masing-masing mendapat tiga pertanyaan yang akan dilaksanakan dalam segmen kedua,” jelasnya.

Dijelaskannya, dalam debat kali ini juga, KPU Kota kendari akan menggunakan tiga tema yakni bagaimana komitmen setiap paslon untuk menyelesaikan persoalan daerah, menyelaraskan program pembangunan kota dengan provinsi dan nasional serta bagaimana komitmen paslon dalam memperkokoh kesatuan NKRI dan kebangsaan.

“Pertanyaannya nantinya itu akan diroling kepada masing-masing paslon dengan alokasi waktu yang diberikan selama 1,5 menit setiap pertanyaannya. Karena, tema debat kali ini menggunakan tiga tema jadi setiap paslon akan mendapatkan alokasi waktu dalam setiap penyampaiannya itu selama 4,5 menit,” jelasnya.

Untuk segmen kedua, lanjut Ade,  moderator yang dipandu oleh Widya Syaputra yang juga merupakan presenter MetroTV akan mempertajam pertanyaan mengenai visi-misi masing-masing paslon sesuai dengan dokumennya. Setiap paslon akan mendapatkan tiga pertanyaan dengan alokasi waktu yang diberikan 1,5 menit untuk satu pertanyaan.

“Kalau di segmen ketiga dan keempat, moderator akan membiarkan ketiga paslon untuk saling bertanya dan menanggapi jawaban dari paslon lain dengan alokasi waktu masing-masing lima menit tiap masing-masing paslon.  Jadi di segmen tiga dan empat ini akan menggunakan waktu selama 10 menit,” lanjutnya.

Sedangkan untuk segmen kelima, tambahnya,   setiap paslon akan diberikan waktu berbicara selama 2,5 menit untuk menyampaikan bagaimana komitmennya terkait anti korupsi, tidak berpolitik uang (money politic), kemudian  komitmennya untuk terus melakukan kampanye dengan cara damai, serta ajakan kepada masyarakat untuk memilihnya dalam pemungutan suara nantinya.

“Kita sudah memberitahukan sejak jauh-jauh hari kepada masing-masing LO (penghubung) paslon untuk di segmen terakhirnya itu mengenai bagaimana komitmen paslon bisa menyusun redaksi terkait empat hal itu serta seputar komitmennya masing-masing dengan waktu yang diberikan selama 2,5 menit untuk berbicara. Jadi secara keseluruhan dengan total waktu selama 90 menit yang digunakan dalam debat kali ini setiap paslon mendapatkan waktu kesempatan bicara selama 21,5 menit,” pungkasnya. (m2/nur)

To Top