Lingkar Sultra

Kades Baru Diminta Jadi Teladan Kedisiplinan

ABDUL RAHIM/BERITA KOTA KENDARI
GLADI PELANTIKAN. Puluhan kepala desa terpilih pada Pilkada serentak di Kolaka Timur, menjalani gladi pelantikan di aula gedung DPRD Koltim, Senin (30/1). Pelantikan resmi akan digelar Rabu, besok.

TIRAWUTA,BKK–  Sebanyak 83 kepala desa terpilih dalam Pemilihan Kepala Desa serentak, akan segera menjalani pelantikan pada Rabu (1/2), besok. Senin kemarin, mereka mengikuti gladi pelantikan yang digelar di aula DPRD Koltim.

Kabid Perencanaan Bidang Pemerintahan Desa Koltim, Irwan Kara berharap pada saat pelantikan nanti, para kades baru ini datang tepat waktu. “Sebagai pimpinan harus menjadi teladan dalam kedisiplinan. Dan itu bisa terlihat pada saat acara pelantikan nanti,” kata Irwan.

Dia juga mengingatkan para kades jangan sampai tidak hadir di acara pelantikan tersebut. Jika tidak hadir, maka tidak sah sebagai Kades.

“Seorang pejabat nanti sah kalau sudah dilantik,” katanya.

Menurut Irwan, setelah dilantik, ke-83 kepala desa ini tidak langsung menjalankan tugas. Mereka terlebih dahulu akan dibawa ke Kota Kendari untuk mengikuti pelatihan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD). Pelatihan ini sangat penting karena mereka akan mengelola anggaran yang jumlahnya sangat besar.

“Ada yang nanti mengelola dana Rp 1 miliar. Jelas harus pintar-pintar dalam mengelolah keuangan desa, penuh kehati-hatian, karena itu nanti akan dipertanggungjawabkan,” katanya.

Gladi pelantikan ini sendiri berjalan dengan lancar. Para kepala desa tampak hadir dengan setelan baju safari maupun kemeja. (k3/aha)