Dishub Kendari Dapat Bantuan Lima Mobil Bus dari Pusat – Berita Kota Kendari
Beranda

Dishub Kendari Dapat Bantuan Lima Mobil Bus dari Pusat

KENDARI, BKK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari dapatkan bantuan lima unit mobil bus yang berasal dari pemerintah pusat (pempus). Rencananya, serah terima akan dilakukan pada Selasa (31/1) di Jakarta.

Kepala Dishub Kendari Ali Aksa mengatakan, lima unit mobil serupa Trans Lulo tersebut sudah ada di workshop.

“Sekarang kita lagi upayakan surat-suratnya dulu, terutama BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) untuk diterbitkan,” ungkap Ali Aksa, Senin (30/1).

Disebutkan, tujuan lima unit mobil tersebut memang untuk transportasi umum, utamanya untuk anak sekolah dan karyawan-karyawan.

“Kelak mobil tersebut juga akan menggunakan subscriber identity module (SIM) cards seperti Trans Lulo sebelumnya, karena (saat ini) pendanaannya belum ada untuk itu,” ujarnya.

Lagipula, sambung dia, pihaknya belum berpikir ke arah itu, sebab yang menjadi fokus perhatiannya sementara ini adalah bagaimana surat-surat dari kelima unit mobil bantuan itu segera ada.

“Surat-suratnya merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, karena lima unit mobil tersebut dihibahkan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan,” katanya.

Kapasitas lima unit mobil itu, papar dia, tempat duduknya sebanyak 20 set dan yang berdiri juga bisa 20 orang, sehingga totalnya mampu menampung sebanyak 40 orang.

“Sebenarnya, lima unit mobil bantuan ini sudah bisa dioperasikan, namun tentu untuk beroperasi di jalan harus memiliki surat-surat yang lengkap,” tambahnya.

Untuk rutenya, lanjut Ali Aksa, pihaknya sudah memiliki surat keputusan (SK) mengenai trayek, dan SK trayek inilah nantinya yang akan dimanfaatkan.

Namun, sorot dia, pihaknya akan melihat sesuai kebutuhan dan peminatnya nanti.

“Saya sudah lapor atau mengusulkan kepada pemerintah pusat, dengan kondisi jalan kita yang berpeluang untuk dilewati oleh bus-bus besar sepanjang 310 kilometer, kita butuh trayek sekitar 17.

“Dari 17 trayek itu kita butuh minimal tiga unit bus tiap satu trayek, sehingga totalnya kita butuh tambahan lagi sebanyak 50 unit. Dan, ini sudah disahuti pusat,” tandasnya.

Diketahui, Pemkot Kendari sudah memiliki 13 mobil Trans Lulo, serta tiga mobil Damri yang masih aktif. (cr6/iis)

To Top