Asrun Minta Masyarakat Tidak Buang Sampah di Sungai – Berita Kota Kendari
Beranda

Asrun Minta Masyarakat Tidak Buang Sampah di Sungai

KENDARI, BKK – Wali Kota Kendari Asrun berharap, di musim penghujan ini masyarakat tidak membuang sampah di saluran air, utamanya di sungai.

“Jika masyarakat membuang sampah di sembarang tempat, apa lagi dilakukan di kali dan sungai, dapat mengakibatkan penyumbatan hingga di Teluk Kendari,” alas Asrun, Senin (30/1).

Dia juga meminta masyarakat jika melihat ada drainase yang tersumbat hendaknya dibersihkan, agar airnya dapat mengalir dengan lancar.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLH Hut) Kota Kendari Tin Farida mengingatkan asyarakat membuang sampah di tempat yang telah disediakan, sehingga pengangkutannya pun mudah dan dibuang di tempat yang sebenarnya.

Selain itu, kata Tin Farida, masyarakat juga harus lebih tertib dalam membuang sampah. Bila perlu, masyarakat bisa membuang sampah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

“Kita kalau sudah aktif lagi atau sudah dilakukan pelantikan pejabat definitif, kita akan melakukan sosialisasi lagi terkait waktu pembuangan sampah. Sehingga ketika kami selesai mengangkut sampah, sudah tidak ada lagi sampah yang terdapat di bak sampah,” paparnya.

Sebenarnya, kata dia, sungai-sungai yang ada di Kendari sudah bebas dari sampah, cuma masyarakat yang tinggal di sekitaran sungai justru setiap hari membuang sampahnya di sungai tersebut.

“Padahal kita sudah mengingatkan mereka untuk tidak membuang sampahnya di sungai, tapi ketika kami tidak berada di lokasi mereka kembali melancarkan aksinya untuk membuang sampah lagi di sungai tersebut,” tambahnya. (cr6/iis)

To Top