Remaja Asal Kendari Menjuarai MHQ Tingkat Asia Tenggara – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Remaja Asal Kendari Menjuarai MHQ Tingkat Asia Tenggara

Ketgam: Foto Bersama Dewan Juri MHQ

KENDARI, BKK– Sulawesi Tenggara (Sultra) patut berbangga, salah satu remaja asal Kota Kendari, Rahmat Ramadan (16), baru-baru ini berhasil menjuarai lomba hafalan qur’an atau Muzabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) tingkat Asia Tenggara.

MHQ yang diselenggarakan  Islamic Charity Organization Kuwait bekerja sama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur’an pimpinan Yusuf Mansur itu mempertemukan delapan Negara se-Asia Tenggara.

Rahmat sendiri mewakili Indonesia di ajang bergengsi itu, setelah berhasil meyingkirkan pesaingnya dari 34 provinsi se-Indonesia yang diikuti lebih dari 400 orang peserta. Kategori yang diikuti Rahmat terbilang cukup sulit, yakni hafalan Al-Qur’an 20  Juz, berikut tilawah dan tajwid.

Acara akbar para penghafal Al-Qur’an se-Asia Tenggara ini diikuti sebanyak 22 peserta dari delapan negara ASEAN. seperti Kamboja, Filipina, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Indonesia dan Brunei Darussalam.

Tim pengajar Rahmat mengatakan, persiapan  untuk mengikuti seleksi lomba tersebut sudah jauh-jauh hari dilakukan. Sehingga, ketika ada lomba maka Ponpes Baitul Qur’an Kendari tinggal mengirim murid terbaiknya.

Dibalik prestasi yang didapatkan Rahmat tidak terlepas dari tim pengajarnya, diantaranya  Ustadz Alfin dan Ustadz Andre. Mereka setiap hari menghabiskan waktunya untuk mengajar dan mengulang hafalan (Murajaah) Rahmat agar tetap terjaga.

“Dalam menjaga hafalan qu’ran para santri Ponpes Baitul Qur’an Kendari  hampir 24 jam dikontrol, agar senantiasa membaca dan menyetor hafalannya setiap hari. Alhamdlillah, murid kami, Rahmat berhasil menjadi juara I pada level internasional,” ujar Ustadz Alfin yang ditemui  usai melaksanakan sholat subuh berjamaah di Masjid Agung Al-Kautsar Kendari, Jumat (27/1)

Ia menambahkan, saat ini Rahmat sudah tiba di Kendari dan langsung disambut  Gubernur Sultra  H Nur Alam yang sekaligus menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu putra yang membanngakan Sultra itu. (p12/nur)

To Top