Headline

Pencarian 11 Nelayan Binongko Hilang Masih Nihil

WAKATOBI, BKK – Pencarian 11 nelayan asal Pulau Binongko, Kabupaten Wakatobi yang hilang ketika melaut sejak pekan lalu hingga Minggu (29/1) belum juga ditemukan. 11 nelayan itu diketahui melaut menggunakan KMN Manusela 03 sejak Sabtu (21/1).

Kepala POS SAR Baubau, Al Amrad ketika dihubungi via telpon selulernya, Minggu (29/1) menuturkan, pencarian belum membuahkan hasil. Kata dia POS SAR Wakatobi  sudah lebih dulu melakukan pencarian sejak mendapatkan informasi, Selasa (24/1). Karena masih nihil, Tim SAR Baubau diminta bantuan.

Sebanyak 12 personil SAR Baubau diterjunkan menggunakan Rescue Boat (RB) 307 kemudian bertolak dari Pelabuhan Murhum Baubau menuju perairan Pulau Binongko, Jumat (27/1). Kata Al Amrad, hari pertama Tim SAR Baubau meyisir wilayah timur Pulau Binongko, hari kedua ke arah selatan, namun masih belum menemukan tanda-tanda keberadaan korban.

“Untuk hari ini kami mengarah ke utara, kebetulan ini masih di tengah laut, masih jalan kapal,” tuturnya.

Selain 12 orang personil SAR Baubau, POS SAR Wakatobi juga menerjunkan 5 orang anggotanya menggunakan satu unit kapal Rigid Inflatable Boat (RIB).

Untuk diketahui Kapal Pelingkar Manusela asal Kecamatan Binongko Kabupaten Wakatobi yang berpenumpang 11 orang nelayan, dinyatakan menghilang sejak lima hari lalu atau sejak 21 Januari 2017. Hingga saat ini, nelayan yang berada di kapal tersebut masih belum bisa dihubungi.

Kapal Pelingkar ini berangkat dari Binongko Sabtu (21/01) pagi dengan rencana melaut selama satu malam di sekitar Karang Tuwu-tuwu, yang terletak di bagian timur Pulau Binongko.

Pihak keluarga juga sudah melaporkan hilangnya kapal ini ke Tim SAR untuk dibantu melakukan pencarian bersama pihak keluarga yang didukung masyarakat Binongko. Pencarian ini dilakukan dengan mengerahkan kapal-kapal nelayan lainya.

Berikut nama-nama ABK yang diduga hilang bersama Kapal Pelingkar:
1. Andi Kamarudin asal Taepabu
2. La Ika asal Taepabu
3. La Here asal Rukuwa
4. La Alio asal Taepabu
5. La Jali asal Taepabu
6. Nili asal Taepabu
7. La Enil asal Taepabu
8. Hardin asal Rokuwa
9. La Jono asal Taepabu
10. La Bobi asal Taepabu
11. La Gani asal Palahidu
(k2/lex)